Breaking News:

PLTA Jatiluhur Raih K3 Zero Accident Dua Kali Berturut-turut dari Kemenaker, Ini Rahasianya

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Ir H Djuanda atau lebih dikenal dengan sebutan PLTA Jatiluhur

istimewa
PLTA Jatiluhur Raih K3 Zero Accident Dua Kali Berturut-turut dari Kemenaker, Ini Rahasianya 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Ir H Djuanda atau lebih dikenal dengan sebutan PLTA Jatiluhur, di bawah kelola Jasa Tirta II selama dua tahun berturut dari 2020 hingga 2021 mencapai raihan yang membanggakan seperti penghargaan K3 2021 kategori kecelakaan nihil atau zero accident.

Penghargaan pun diberikan langsung oleh Kementerian Ketenagakerjaan ke perusahaan yang berhasil mencegah adanya kecelakaan kerja. 

Direktur Utama Jasa Tirta II, Imam Santoso mengaku pencapaian ini merupakan buah dari konsistensi Jasa Tirta II dalam menerapkan zero accident selama 4 tahun ini.

Baca juga: Peringati Hari Air Sedunia, Ribuan Benih Ikan Ditebar di Waduk Jatiluhur

"Pencapain zero accident tak terlepas juga dari berhasilnya kami menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan (SMK3) di unit PLTA," ujarnya, Jumat (30/4/2021) di Jatiluhur seraya berharap terciptanya kesinambungan antara produktivitas, keselamatan, dan kesehatan tenaga kerja.

PLTA Jatiluhur ini merupakan salahsatu unit kerja yang bertugas mengelola enam PLTA berkapasitas total 187,5 MW dan 3,2 MW dari pembangkit listrik mini hydro.

Unit ini menjadi salah satu tempat yang miliki potensi bahaya kecelakaan kerja tinggi sehingga mesti adanya pengendalian kecelakaan kerja. 

Selain itu, pelaksanaan SMK3 mengacu pada UU nomor 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja, UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan PP nomor 50 tahun 2012 tentang penerapan SMK3. 

Baca juga: Cegah Kebocoran Bendungan, PJT II Jatiluhur Lakukan Pengeringan dan Inspeksi Saluran Bawah Air

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved