Breaking News:

Cegah Kebocoran Bendungan, PJT II Jatiluhur Lakukan Pengeringan dan Inspeksi Saluran Bawah Air

Perum Jasa Tirta II melakukan pengeringan dan inspeksi saluran bawah air untuk memastikan dan memeriksa kondisi terowongan air

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama
Pengeringan dan inspeksi saluran bawah air Waduk Jatiluhur 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Perum Jasa Tirta II melakukan pengeringan dan inspeksi saluran bawah air (trairace) untuk memastikan dan memeriksa kondisi terowongan air yang menjadi jalur buangan ke wilayah hilir dari potensi kebocoran atau kerusakan, Rabu (17/2/2021).

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PJT II Jatiluhur, Anton Mardiyono mengatakan pemeriksaan trairace telah masuk dalam agenda rutin mereka selaku pengelola Waduk Jatiluhur setiap lima tahun sekali. Ada dua terowongan untuk saluran buangan, yakni bagian kiri yang diperiksa terakhir pada 2018 dan bagian kanan diperiksa pada 2016.

"Jadi, sekarang kami memeriksa terowongan yang sebelah kanan. Pengeringan dan inspeksi saluran bawah merujuk pada Permen PU nomor 27 tahun 2015 tentang bendungan dan safety evaluation of exiting DAM," katanya.

Ketika ada masalah terkait bendungan, kata Anton, perusahaannya bisa segera melakukan tindakan antisipasi. Dia juga mengatakan pengeringan terowongan telah berlangsung sejak 3 Februari.

"Alhamdulillah, sejauh ini kondisinya aman. Kami pastikan proses pengeringan tak akan mengganggu air untuk kebutuhan masyarakat terutama yang ada di wilayah hilir," katanya.

Lebih lanjut, Anton pun memastikan bahwa kondisi debit air di musim hujan kali ini masih terbilang normal dan cukup menampung air. Namun, pihaknya tetap mengantisipasi apabila hujan yang turun di luar prediksi.

"Batas bawah per hari ini elevasi 92. Kami sudah persiapkan teknologi modifikasi cuaca (TMC)," ujarnya.

Baca juga: Pakai Narkoba, Kapolsek Astana Anyar Tidak Diamankan di Hotel, Berikut Kronologi Penangkapannya

Baca juga: Perda Pesantren Disambut Baik, Uu Ruzhanul Ulum: Saya Bahagia dan Bangga

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved