Breaking News:

Buruh di Subang Diperkirakan Unjukrasa Memperingati May Day Besok, Masih Bertema Omnibuslaw

Buruh di Kabupaten Subang diperkirakan menggelar unjukrasa pada peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day, Sabtu (1/5/2021).

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Giri
Tribun Jabar/Irvan Maulana
ILUSTRASI - Buruh berdemonstrasi menolak Omniuslaw 2020 di Karawang. Buruh di Kabupaten Subang diperkirakan akan melaksanakan aksi unjukrasa pada Hari Buruh Internasional, Sabtu (1/5/2021). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Subang, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, SUBANG - Buruh di Kabupaten Subang diperkirakan menggelar unjukrasa pada peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day, Sabtu (1/5/2021).

Mengenai tuntutan, diprediksi juga sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Subang, Yeni Nuraeni, mengatakan,aksi unjuk rasa para buruh masih menyuarakan pancabutan UU Omnibuslaw.

"Kalau laporan aksi saya sudah dapat, hampir mayoritas aliansi serikat buruh di Subang besok kemungkinan menggelar aksi unjuk rasa. Kalau tuntutan mereka sih rata-rata sama seperti tahun kemarin, yaitu pencabutan omnibuslaw dan kenaikan UMSK," papar Yeni ketika dikonfirmasi Tribun melalui sambungan telepon, Jumat (30/4/2021).

Yeni mengungkap, kenaikan upah minimum sektoral kabupaten (UMSK) tidak bisa diatur oleh regulasi pemerintah daerah.

Baca juga: Buruh di Kabupaten Cianjur Tolak Pembayaran THR Dicicil

"Semuanya ada di aturan Kementerian Tenaga Kerja. Bahkan yang dilibatkan dalam pembahasan upah itu para serikat buruh dan pengusaha, bukan dinas tenaga kerja," ucap Yeni.

Menjelang aksi May Day pada esok hari, Yeni juga mengungkap pihaknya telah sowan kepada beberapa serikat buruh di Subang, agar aksi unjukrasa bisa berjalan dengan kondusif.

Baca juga: Kumpulan Ucapan dan Kata-kata Bijak Hari Buruh 1 Mei 2020, Bagikan untuk Memotivasi Para Pekerja

"Karena ini pandemi juga, tidak baik lah jika mengundang banyak kerumunan. Mudah-mudahan besok unjukrasa bisa selesai dengan waktu yang singkat," ucapnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved