Breaking News:

Rumah Pak RT di Ciamis Kebakaran, Salat Tarawih di Masjid pun Bubar

Kebakaran menimpa sebuah rumah semi permanen di Dusun Ciminyak RT 07/04, Desa Karya Mulya Cisaga, Ciamis. Bangunan itu ludes terbakar

Istimewa
Rumah Ketua RT 07/04, Dusun Ciminyak Desa Karang Mulya, Cisaga, Ciamis, ludes terbakar pada Kamis (29/4/2021) pukul 19.30. Waktu kejadian korban sedang menunaikan salat Tarawih berjamaah di masjid setempat. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS– Kebakaran menimpa sebuah rumah semi permanen di Dusun Ciminyak RT 07/04, Desa Karya Mulya Cisaga, Ciamis, Kamis (28/4/2021) pukul 19.30. Bangunan itu pun ludes terbakar.

Rumah yang mengalami kebakaran itu dihuni Dian Rusdiana alias Kang Mantri (51). 

Saat berkobar di rumahnya, Dian yang sehari-hari bekerja sebagai tukang ojek dan Ketua RT 07 Dusun Ciminyak itu sedang menunaikan salat Tarawih berjamah di Masjid Al Furqon, sekitar 100 meter dari lokasi kejadian.

Ia menjalankan salat Tarawih bersama istri dan anak bugsunya. Di rumah, hanya ada Ferdi (20), anak sulung Dian. Kobaran api dari arah dapur diduga berasal dari tungku yang kemudian merembet ke dinding bilik dapur.

“Waktu kejadian, salat Tarawih baru selesai salam ke-3. Tiba-tiba muncul Ferdi, kasih tahu dan minta tolong rumah kebakaran,” ujar Hikmat Sudrajat, alias Kang Imat (38), imam Masjid Al Furqon yang juga tetangga Dian, kepada Tribun Jabar, Kamis (29/4/2021).

Menyusul kejadian itu, salat Tarawih yang sudah salam ke-3 (masing-masing salam, 2 rakaat) tersebut, ucap Kang Imat, langsung bubar. Empat shaf jemaah bergegas keluar masjid, berlarian ke lokasi kejadian, terutama pria.

Baca juga: VIDEO-Dua Kebakaran Terjadi di Ciracap Sukabumi Hari Ini, Dua Rumah Rata dengan Tanah

Baca juga: Fakta Kebakaran Rumah Makan Padang di Cihanjuang Cimahi, Akibat Gas Bocor Kerugian Capai Rp 500 Juta

Mereka langsung mengambil ember kemudian ramai-ramai memadamkan api.

“Apinya cukup cepat berkobar. Mungkin karena kemarau dan lokasi dekat sawah. Tidak hanya pemilik rumah.  Warga panik, khawatir api merembet ke rumah lainnya,” katanya.

Tidak hanya berupaya memadamkan api, dengan mengambil air dari kolam dekat lokasi. Warga juga ramai-ramai menggotong mobil sedan yang berada di garasi berikut 3 sepeda motor.

 “Kebetulan api dari arah belakang (dapur), sementara garasi di depan rumah. Mobil terpaksa digotong ramai-ramai oleh warga. Tiga sepeda motor berhasil diselamatkan,” ujar Kang Imat.

Warga juga berupaya melokalisasi api agar tidak merembet ke rumah terdekat yakni rumah Yoyo, sekitar 30 meter dari lokasi kejadian.

Saat warga berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya, muncul 3 mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Kota Banjar dan 2 mobil damkar dari Ciamis.

Sekitar pukul 20.15, api berhasil dipadamkan, tapi rumah Dian sudah terlanjur ludes beserta  isinya. Barang yang diselamatkan hanya 3 sepeda motor dan 1 mobil. Sementara pakaian dan perabot rumah ludes gosong.

Untuk sementara korban sekeluarga mengungsi ke rumah Mak Mimi, orang tua Dian yang juga berada di RT yang sama.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved