Lansia di Sumedang Masih Banyak yang Mangkir Saat Dapat Jadwal Disuntik Vaksin Covid-19

Orang kanjut usia (lansia) di Kabupaten Sumedang hingga saat ini masih sulit divaksinasi Covid-19.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Giri
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Uyu Wahyudin, saat memberikan keterangan terkait progres vaksinasi di Kabupaten Sumedang, Selasa (27/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Orang kanjut usia (lansia) di Kabupaten Sumedang hingga saat ini masih sulit divaksinasi Covid-19. Penyebabnya, para lansia itu selalu tidak datang ke puskesmas meskipun sudah mendapatkan jadwal untuk vaksinasi.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, sasaran lansia yang akan disuntik vaksin Covid-19 mencapai 137.045 orang.

Lansia yang sudah mendapat dosis pertama 3.192 orang atau 2,33 persen dan dosis kedua 660 orang atau 0,48 persen.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Uyu Wahyudin, mengatakan, lansia tersebut saat ini sudah menjadi sasaran prioritas untuk dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19 pada tahap kedua ini.

"Tapi ada kendala mobilitas atau pengerahan sasaran untuk dia (lansia) datang ke tempat pelayanan vaksinasi, jadi masih sulit dari lansia ini," ujarnya saat ditemui di kantornya, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Cegah Wabah Covid-19 Seperti di India, Pemkot Bandung Tuntaskan Vaksinasi untuk Kelompok Rentan

Selama ini, kata Uyu, mereka masih perlu diberikan pemahaman terkait pentingnya vaksinasi tersebut supaya semangat datang ke puskesmas untuk disuntik vaksin.

"Lansia juga kadang tidak bisa berangkat sendiri, harus ada yang ngantar dan harus dikawal supaya dia mendapatkan kenyamanan dalam proses vaksinasi," kata Uyu.

Baca juga: 2 Rumah di Kampung Linggaresmi Ambruk Akibat Guncangan Gempa Bumi Sore Tadi, 5 Lainnya Terancam

Baca juga: KKB Kembali Minta Korban, Bharada I Komang Wiranata Tewas Tertembak di Papua Selasa 27 April

Atas hal tersebut, pihaknya mengimbau agar lansia untuk bisa segera melakukan vaksinasi karena mereka merupakan kelompok masyarakat yang sangat rentan terpapar virus corona.

"Sangat penting bagi lansia menjaga kesehatannya, khususnya terkait penularan virus Covid-19. Tapi dengan adanya vaksinasi, lansia akan terlindungi," kata Uyu.

Pihaknya juga mengimbau agar lansia tidak takut untuk melakukan vaksinasi karena sebelum disuntik vaksin, mereka akan diperiksa kesehatannya terlebih dahulu.

Baca juga: Antisipasi KIPI Serius Bagi Sasaran yang Puasa, Vaksinasi di Sumedang Dilaksanakan Lebih Pagi

Ia mengatakan, semua puskesmas di Kabupaten Sumedang sudah menyiapkan langkah-langkah, termasuk membuat jadwal dan menyepakati untuk melakukan vaksinasi terhadap lansia.

"Jadi lansia jangan merasa khawatir, jangan membuat kesimpulan sendiri karena vaksin ini tidak apa-apa," ucapnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved