Breaking News:

VIDEO Daya Beli Masyarakat Belum Pulih, Pemkot Cimahi Sebut Baik dan Konsisten

Daya beli masyarakat belum seutuhnya pulih ditengah pandemi Covid-19. Walhasil transaksi antara pembeli dan pelaku usaha belum terdongkrak maksimal.

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Ery Chandra

Daya beli masyarakat belum seutuhnya pulih ditengah pandemi Covid-19. Walhasil transaksi antara pembeli dan pelaku usaha belum terdongkrak maksimal.

Akan tetapi, Pemerintah Kota Cimahi mengklaim bahwa daya beli masyarakat kini tengah baik-baik saja.

"Daya beli masyarakat sih masih sangat lumayan baik di Kota Cimahi. Daya beli masyarakat masih tetap konsisten," ujar Penjabat Wali Kota Cimahi, Ngatiyana kepada wartawan seusai meninjau bazar murah khusus ASN, Kamis (22/4/2021).

Namun, dari rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, angka pengangguran di Kota Cimahi menempati urutan kedua tertinggi di Jawa Barat.

Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap tingkat pengangguran di Kota Cimahi yang meningkat drastis. Data terakhir saja mencatat hingga 39.436 orang atau 13,30 persen. Sedangkan sebelumnya hanya sekitar 8,08 persen atau sekitar 23.960 orang.

BPS Kota Cimahi juga mencatat untuk daya beli masyarakat Cimahi tergolong rendah. Hal itu, karena rendahnya penghasilan warga.

Daya beli masyarakat rendah begitu kontras dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Cimahi yang menempati peringkat empat. Dari 27 Kabupaten atau Kota di Jawa Barat.

Menurut Ngatiyana, dengan jalan berbelanja produk lokal dapat berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Selain itu, ia juga melontarkan sebuah jargon "Kami Bangga Buatan Indonesia".

"Kami dorong semuanya untuk membeli produk lokal, buatan Indonesia. UMKM-nya tidak kalah dengan yang lain-lain," katanya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul VIDEO Daya Beli Masyarakat Belum Pulih, Pemkot Cimahi Sebut Baik dan Konsisten, https://jabar.tribunnews.com/2021/04/23/video-daya-beli-masyarakat-belum-pulih-pemkot-cimahi-sebut-baik-dan-konsisten
Penulis: Ery Chandra
Video Editor: Wahyudi Utomo

Penulis: Ery Chandra
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved