Breaking News:

Begini Cara Keren Konten Kreator Kuliner Bangkitkan UMKM

Konten creator yang juga food blogger Magdalena punya cara sendiri untuk ikut bangkitkan UMKM kuliner di tengah pandemi Covid-19

istimewa

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal maret 2020 silam menimbulkan dampak yang besar di berbagai sektor, terlebih dalam sektor kuliner

Hal ini dapat terlihat bahwa kuliner termasuk sektor strategis yang mampu menarik perhatian masyarakat karena banyaknya makanan hits muncul dari para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

Untuk mendukung perkembangan kuliner di Indonesia, food blogger Magdalena berkolaborasi dengan Teh Pucuk Harum membuat konten tentang keluh kesah para pelaku UMKM.

Baca juga: Airlangga: Transformasi Digital Bisa Ciptakan 2,5 Juta Lapangan Kerja Baru di 2024

Sebagai seorang YouTuber, Magdalena  pun konsisten membantu UMKM terdampak Covid-19 sejak bulan Juni 2020.

Ia pun memanfaatkan platform digital dengan para pelaku UMKM di area Jabodetabek 

Selama membuat konten di masa pandemi, Magdalena banyak mendapat keluh kesah yang serupa, sehingga tergerak hatinya untuk dapat menjaring lebih banyak massa dari kalangan penggiat kuliner, maupun masyarakat umum.

Senior Brand Manager Teh Pucuk Harum, Yustina Amelia mengatakan, konsep yang diusung oleh Magdalena pada program UMKM Pilihan Mgdalenaf bersama Teh Pucuk Harum adalah membantu para UMKM di bidang kuliner yang mengalami penurunan omset ataupun bergantung pada penghasilan sehari-hari. 

Baca juga: Pertamina Langsung Respons, Bawa Ibu Hamil yang Terus Pendarahan Pascaledakan Kilang Balongan ke RS

"Program kerjasama dengan Teh Pucuk Harum mendatangi sebanyak 14 UMKM pilihan di wilayah Pulau Jawa hingga Bali tepatnya di 6 kota, yaitu Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Malang, Surabaya dan Denpasar," ujar Yustina, Jumat (23/4/2021).

Proses pemilihan UMKM tersebut diawali dari proses kurasi atau seleksi yang dilakukan untuk menentukan UMKM mana yang akan diliput pada platform media sosial Mgdalenaf 

Pada 6 kota yang dikunjungi, terdapat beberapa kisah menarik di setiap UMKM pilihan Magdalena di kota-kota tersebut, diantaranya ada Nasi Goreng Mas Aying yang berlokasi di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. 

Halaman
12
Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved