Breaking News:

VIDEO Penyuntikan Vaksin di Bulan Ramadan, Peserta di Pangandaran Merasakan Sedikit Pusing dan Lemas

Di bulan suci ramadan, beberapa Puskesmas di Pangandaran menggelar penyuntikan vaksinasi sinovac tahap kedua terhadap tenaga pendidik di wilayahnya ma

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna

 
TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Di bulan suci ramadan, beberapa Puskesmas di Pangandaran menggelar penyuntikan vaksinasi sinovac tahap kedua terhadap tenaga pendidik di wilayahnya masing - masing.
 
Seperti halnya Puskesmas Padaherang menggelar Vaksinasi Sinovac tahap kedua bagi tenaga pendidik di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
 
Ada beberapa guru sekolah dasar (SD) yang mengikuti vaksinasi tahap kedua, nengutarakan reaksi pasca penyuntikan vaksin di bulan suci ramadan.
Peserta vaksinasi seorang guru SD di Padaherang, Cahya Latif Panurjanah mengaku untuk penyuntikan vaksinasi yang kedua kalinya, Ia merasakan pusing.
 
"Vaksinasi kedua, kali ini Saya merasakan sedikit pusing," ujar Cahya saat ditemui Tribunjabar.id seusai penyuntikan vaksin, Selasa (20/4/2021). 
 
Menurutnya, penyuntikan vaksin saat ini berbeda dengan vaksinasi pertama.
"Pertama, Saya hanya merasakan ngantuk. Mungkin efek karena berpuasa dan mungkin juga dosis vaksinnya ditingkatkan lagi," kata Cahya.
 
Sementara seorang guru SD satunya lagi, Kadir Suanto mengatakan, penyuntikan vaksinasi saat ini merupakan yang kedua kalinya.
 
"Perbedaannya penyuntikan Vaksin yang pertama dan sekarang tidak terlalu ada efeknya, paling hanya ngantuk saja."
 
"Sekarang juga hanya terasa lemas, karena mungkin lagi Puasa," ucap singkatnya.
 
Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Yani Achmad Marzuki mengatakan bahwa vaksinasi di bulan ramadan tetap berjalan.
"Semua puskesmas tetap bergerak, dan ada juga lokasi di tempat yang bersifat massal yang sudah kita tentukan di masing-masing kecamatan," kata Yani.
 
Yani mengungkapkan, penyuntikan vaksinasi sinovac di bulan puasa cukup terkendala. 
 
"Di bulan puasa, ada yang mengharap bahwa penyuntikan vaksin itu membatalkan puasa. Padahal sudah jelas dari fatwa MUI, bahwa Penyuntikan Vaksin Sinovac tersebut tidak membatalkan," ucapnya.
 
Sebenarnya, tambah Yani, dari segi medis juga Vaksinasi itu tidak membahayakan. 
 
Karenaa, walaupun dalam berpuasa, vaksinasi tidak berpengaruh ketika dimasukkan kedalam tubuh seseorang.
Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul VIDEO Penyuntikan Vaksin di Bulan Ramadan, Peserta di Pangandaran Merasakan Sedikit Pusing dan Lemas, https://jabar.tribunnews.com/2021/04/21/video-penyuntikan-vaksin-di-bulan-ramadan-peserta-di-pangandaran-merasakan-sedikit-pusing-dan-lemas
Penulis: Padna
Video Editor: Wahyudi Utomo
Penulis: Padna
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved