Breaking News:

Bobol 11 Toko, Pemuda di Sumedang Ini Bisa Beli Mobil Honda Jazz dan Motor CBR

Dari mencuri di 11 toko itu pelaku mendapatkan uang Rp 135 juta yang dibelikan mobil dan motor.

Tribun Jabar/H Kamaludin
Pelaku pencurian sejumlah toko di Sumedang saat digiring polisi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Seorang pencuri spesialis toko berinisial DJ (23) yang sempat kabur saat diperiksa polisi pernah menggasak 11 toko yang berada di wilayah Kecamatan Sumedang Utara dan Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Meski sempat kabur saat diperiksa, kini pelaku yang merupakan warga Lingkungan Cilipung, RT 01/14, Kelurahan, Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan itu kembali tertangkap dan dihadiahi timah panas.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, mengatakan, dalam melancarkan aksinya, pencuri ini masuk ke dalam toko dengan cara memanjat tembok bagian samping, selanjutnya membongkar genting dan membuka plafon toko.

Baca juga: SPOILER Sinopsis Ikatan Cinta Episode Malam Ini 19 April 2021, Perasaan Kuat antara Andin dan Al

Baca juga: Kronologi Pencuri Perhiasan di Siang Bolong di Cirebon, Mengendap-endap Masuk Rumah, Eh Ketahuan

"Lalu turun ke ruangan, toko selanjutnya mencongkel laci meja menggunakan obeng dan mengambil uang yang ada di dalam laci. Sejauh ini ada 11 Tempat kejadian perkara (TKP)," ujarnya saat konferensi Pers di Mapolres Sumedang, Senin (19/4/2021).

Aksi pencurian dengan modus operandi seperti itu, kata Eko, dilakukan pelaku saat kondisi sedang sepi, tepatnya saat dini hari dari mulai pukul 01.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB.

Eko mengatakan, saat pelaku sudah berhasil masuk ke dalam toko, dia langsung mencari tempat-tempat yang berisi uang, kemudian pelaku mengambil uang yang ada di dalam toko-toko tersebut.

"Pelaku hanya mengambil uang. Dari 11 TKP yang disebutkan oleh tersangka, totalnya uang yang sudah dicuri Rp 135 juta," kata Eko.

Saat melakukan aksinya, kata Eko, pelaku melakukan aksi pencurian itu sendirian dan dari hasil pencurian itu, pelaku berhasil membeli mobil Honda Jazz dan motor Honda CBR yang saat ini sudah diamankan polisi sebagai barang bukti.

"Pelaku membeli mobil dan motor dari hasil membobol 11 toko," ucapnya.

Selain mengamankan mobil dan motor, pelaku juga mengamankan barang bukti obeng plus dan min, topi warana hitam merk Nike, jaket warna biru dongker merek Xpose dan uang tunai Rp.1.353.500.

Sementara atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Baca juga: Ternyata inilah Cara Mengoptimalkan Ibadah Puasa Ramadan Menurut Quraish Shihab & Habib Husein Jafar

Baca juga: BARU Saja Gempa 5,7 M Mengguncang Maluku Barat Daya, Pusat Lindu di Laut Dekat ke Daratan

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved