Breaking News:

Marak Pencurian di Toko, Modus Bongkar Pintu dan Jendela, Gunakan Mobil Saat Lakukan Aksi

Anggota Satreskrim Polres Sumedang akhirnya menangkap pelaku pencurian yang beraksi di sejumlah toko dengan modus bongkar pintu dan jendela

Wartakotalive.com/Andika Panduwinata
ilustrasi pencuri tertangkap 

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Anggota Satreskrim Polres Sumedang akhirnya menangkap pelaku pencurian yang beraksi di sejumlah toko yang berada di kawasan Jalan Mayor Abudurahman, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.

Pelaku yang diketahui bernisial DJ itu diringkus polisi pada Jumat (15/4/2021) malam, di tempat persembunyiannya di daerah Lingkungan Ketib, Kelurahan Kota Kaler, Kecamatan Sumedang Utara.

"Benar, telah dilakukan penangkapan pelaku pencurian dengan pemberatan (curat). Pelaku merupakan residivis," ujar Kasatreskrim Polres Sumedang AKP Yanto Selamet, Minggu (18/4/2021).

Baca juga: Nekat Mudik, Daerah Ini Siapkan Ruang Khusus Karantina Bagi Pemudik, Ada Disetiap Desa dan Kelurahan

Pelaku ini diduga merupakan pelaku pencurian yang membobol sejumlah toko, termasuk toko bangunan di Jalan Mayor Abdurrahman beberapa waktu lalu yang saat itu aksi pencurian ini terekam CCTV.

Yanto mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah menerima empat laporan terkait aksi pencurian yang kerap dilakukan pelaku di sejumlah toko tersebut.

"Untuk barang bukti yang diamankan dari hasil kejahatan itu kami mengamankan satu unit mobil Honda Jazz dan satu unit motor," ucap Yanto.

Baca juga: Profil Adiguna Sutowo, Seorang Pengusaha Mentereng, Mertua Dian Sastro itu Kini Meninggal Dunia

Selain itu, pihaknya juga mengamankan barang bukti obeng dan tang yang diduga digunakan pelaku untuk membobol pintu toko yang menjadi sasaran aksi pencuriannya.

"Kami juga telah mengamankan baju dan topi yang digunakan pelaku," katanya.

Atas perbuatannya, kata Yanto, pelaku pencurian tersebut dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Baca juga: Kirimkan Ucapan Manis Selamat Buka Puasa Ramadan 2021 untuk Pacar atau Gebetan

Diberitakan sebelumnya, seorang pemilik toko bangunan yang menjadi korban pencurian, Yudi (45) mengatakan, toko miliknya itu sudah dua kali disatroni maling dan terekam CCTV yang berada di dalam toko tersebut.

"Setelah satu kali berhasil masuk, dia (pencuri) masuk lagi, tapi karena yang kedua ada pintu besi dan saya kunci, dia tidak bisa masuk lagi," kata Yudi.

Ia mengatakan, untuk kejadian yang pertama, pencuri itu masuk lewat samping dan masuk ke dalam toko melalui lantai dua, kemudian untuk melakukan aksinya, pencuri itu membongkar jendela.

"Barang yang diambil uang sama ponsel, kalau ditotalin (kerugian) sekitar Rp 5 juta. Selain itu gak ada barang-barang yang diambil," katanya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved