Breaking News:

Indonesia Butuh Developer Terampil Kembangkan Ekonomi Digital, Lulusan IT Bisa Manfaatkan Hal Ini

Indonesia kekurangan developer-developer terampil untuk kembangkan ekonomi digital

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong agar ekonomi kreatif di Indonesia terus tumbuh, meski di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu upayanya yakni dengan mempertemukan ribuan developer atau pengembang aplikasi digital se Indonesia dengan industri digital kreatif melalui kegiatan Baparekraf Developer Day (BDD).

Event yang digelar secara daring pada 3 April 2021 ini bertujuan untuk mengembangkan ekosistem developer aplikasi yang berkualitas.

Baca juga: 15 Orang Belum Ditemukan, TIM SAR Lanjutkan Pencarian Korban Kecelakaan Maut Tabrakan Kapal

Deputi Bidang Aplikasi dan Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam mengatakan, melalui kegiatan Baparekraf Developer Day (BDD) bakal ada sesi transfer pengetahuan antara developer dengan industri.

"Ekonomi digital merupakan salah satu sektor yang bertumbuh di masa pandemi. Untuk itu Baparekraf Developer Day ini digelar khusus secara daring untuk meningkatkan ekosistem developer lokal dan mendorong sinergi pemerintah, industri, akademisi, dan komunitas developer agar dapat bersaing di tingkat nasional, regional, maupun global,” ujar Muhammad Neil El Himam, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/4/2021).

Dikatakan Muhammad Neil, BDD tahun ini terdapat empat pilihan track yang tersedia yakni Android Track, Web Track, Machine Learning Track dan Back-End Developer Track.

Baca juga: Dukung Program 1000 UMKM, Wakaf Salman Berdayakan Tiga Pelaku Usaha Lokal

"Tahun lalu BDD telah ditonton lebih dari 130 ribu kali melalui kanal youtube Baparekraf Developer Day BDD," katanya.

Tahun ini, kata dia, Baparekraf/Kemenparekraf juga kembali memberikan fasilitasi Baparekraf Digital Talent (BDT) kepada lebih dari 1.500 developer.

BDT tahun ini akan memberikan dua pilihan track, yakni Android dan Web.

BDT tahun ini fokus untuk memastikan developer mencapai level expert.

Halaman
12
Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved