Breaking News:

Makam Tati Saleh

Masih Ingat Tati Saleh? Makamnya Selalu Sepi, Beda dengan Kuburan Nike Ardilla yang Selalu Ramai

Kondisi makam Tati Saleh tidak jauh berbeda dengan puluhan makam lainnya di permakaman umum yang berada di pelosok gang sisi Sungai Cileueur, Ciamis.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Seniman Ciamis Dadi Apang berziarah di makam Tati Saleh di Kompleks Pemakaman Umum Warung Asem I, Blok Warung Asem, RT 01/RW 04, Lingkungan Kota Kulon, Kelurahan Ciamis, Jumat (2/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Masih ingat nama Tati Saleh? Pada masanya, tahun 1970-an dan 1980-an, Tati Saleh adalah seniman besar Sunda yang namanya tidak hanya termasyhur di Tatar Sunda

Namanya juga harum di level nasional, bahkan internasional. 

Namun, lihatlah, makamnya sekarang nyaris dilupakan orang. 

Baca juga: Lagi Tayang, RCTI Live Streaming Pernikahan Atta Halilintar-Aurel, Ada Kursi Buat Jokowi dan Prabowo

Baca juga: Bacalah Sinopsis Ikatan Cinta 3 April 2021, Apakah Al dan Andin Akan Bongkar Keburukan Elsa?

Salah satu makam di dekat gerbang TPU Warung Asem I di Blok Asem, RT 01/RW 04, Lingkungan Kota Kulon, Kelurahan Ciamis, ditumbuhi rumput liar di sekelilingnya.

Di atas nisannya tertera nama jelas Rd Tati Hatidjah Saleh binti Abdullah Saleh. Lahir di Jakarta 24 Juli 1944. Meninggal di Bandung 09 Februari 2006.

Nyaris tidak ada pembeda yang nyata antara makam tersebut dengan makam-makam lainnya di TPU Warung Asem I itu.

Tentu beda halnya dengan kondisi makam Nike Ardilla yang berada di TPU Cidudu, Dusun Lebak Lipung, Desa Imbanagara, Ciamis.

Makam Nike Ardilla berada di bawah cungkup yang megah, dengan halaman yang luas, dan selalu terjaga kebersihannya karena ada yang merawatnya.

Mungkin juga tidak banyak yang tahu bahwa Rd Tati Hatidjah Saleh tersebut adalah nama asli Tati Saleh, seorang seniman yang terkenal tidak hanya di Tatar Pasundan, tetapi juga di jagat Nusantara.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved