Breaking News:

Pertamina Balongan Terbakar

VIDEO-Komisi IV DPR RI Meminta Pihak Terkait Cegah Klaster Pengungsi Terdampak Ledakan Kilang Minyak

Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono meminta agar pihak Pertamina memberikan perhatian khusus terhadap kondisi kesehatan para pengungsi.

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono meminta agar pihak Pertamina memberikan perhatian khusus terhadap kondisi kesehatan para pengungsi.

Hal itu diungkapkan Ono pada saat meninjau lokasi pengungsian bersama Forkopimda Indramayu termasuk Bupati dan Wakil Bupati Indramayu di GOR Perumahan Bumi Patra Pertamina, Rabu  (31/3/2021).

Ono menilai kondisi pengungsian yang ditempati oara pengungsi dinilai kurang layak, ia juga khawatir jika para pengungsi mengalami masalah kesehatan selama dipengungsian pascaledakan yang menyebabkan kebakaran di Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan.

Baca juga: VIDEO-Momen Heboh di Posko Pengungsian, Bupati Nina Menggendongkan Bayi Untuk Wakil Bupati Luki

Walaupun tempat saat ini tidak layak, dengan kondisi yang terbatas, jumlah pengungsi yang banyak sangat tidak memenuhi protokol kesehatan, harus ada antisipasi penanganan secara khusus agar tidak terjadi klaster baru COVID-19," kata Ono ketika diwawancara Tribun, Rabu (31/3/2021).

Ono juga berharap agar pihak Pertamina bersama Pemda Indramayu bisa menyiapkan konsumsi serta keperluan lain yang berkaitan dengan kesehatan pengungsi dipenuhi secara maksimal.

Secara terpisah masih dilokasi yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara mengatakan pihaknya akan mengupayakan tracing setelah kondisi psikis para pengungsi membaik, pihaknya juga sudah menyiapkan alat rapid antigen bagi para pengungsi.

Kami sudah menyiapkan baik itu dari APBD kita, maupun bantuan dari Provinsi dengan jumlah yang tidak terbatas," katanya.

Mengenai kondisi pengungsian warga, ia mengatakan pengungsi sudah diatur sesuai blok agar tidak terjadi kerumunan dengan warga lain,

"Disini ada tiga blok warga yang dari Desa Balongan, dalam satu minggu terkahir sebelum ledakan Alhamdulillah tidak ada warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 dalam data kami," ujar Deden.

Pihaknya juga sudah menyiapkan petunjuk serta imbauan berupa spanduk dan yang telah dipasang diberbagai sudut, "Seperti yang dilakukan ibu Bupati, kami juga rutin membagikan masker dan handsanitizer untuk para pengungsi." pungkasnya.

Lebih lanjut Deden mengimbau agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan serta mematuhi tata tertib dalam pengungsian.(*)

Berita-berita Pertamina Balongan Terbakar

Penulis: Irvan Maulana
Video Editor: Edwin Tk

Penulis: Irvan Maulana
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved