Pertamina Balongan Terbakar

Mensos Risma Sebut Tempat Pengungsian Nyaman, Tapi Panas, Akan Kirimkan Tim Trauma Healing

Mensos Tri Rismaharini menyebut lokasi pengungsian untuk pengungsi kebakaran Pertamina Balongan sudah nyaman, namun cukup panas

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Adi Sasono
TRIBUNJABAR.ID/IRVAN MAULANA
Mensos Tri Rismaharini memijat warga lansia yang mengungsi akibat kebakaran tanki minyak di kilang PT Pertamina RU VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat yang terbakar, Senin (29/3/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Menteri Sosial RI Tri Rismaharani (Mensos Risma)  menyebut lokasi pengungsian akibat terbakarnya tanki minyak di kilang PT Pertamina RU VI Balongan Indramayu cukup nyaman tapi panas.

Hal ini disampaikan Mensos Risma saat mengunjungi lokasi pengungsian di GOR Perumahan PT Pertamina Bumi Putra Indramayu, Senin malam (29/3/2021).

Mensos Risma yang didampingi Bupati Indramayu, Nina Agustina, menyempatkan diri memijit tangan seorang ibu paro baya yang saat itu terlihat masih tegang.

Risma juga menilai lokasi pengungsian cukup layak dan nyaman, hanya ia meminta agar Dinsos Indramayu bersama pihak Pertamina ikut memperhatikan kebutuhan masyarakat.

"Menurut saya ini lokasi yang sangat nyaman, hanya tadi katanya cukup panas, mungkin karena posisinya tidak terlalu terbuka dan lampunya juga terlalu terang," kata Mensos Risma ketika diwawancara awak media usai meninjau posko pengungsian.

BERITA LAIN KEBAKARAN PERTAMINA BALONGAN

BERITA LAIN MENSOS TRI RISMAHARINI

Kata Mensos Risma, Kemensos RI akan menyiapkan tim trauma healing guna menghilangkan kecemasan serta kepanikan warga terdampak ledakan tersebut.

"Yang paling utama adalah trauma healingnya. Saya juga sudah kirim tim dari trauma healing dari Temanggung, tadi juga dari pihak Pertamina akan menyiapkan tim trauma healing," kata dia.

Sementara mengenai kebutuhan untuk para pengungsi Risma mengungkap Kemensos sudah mengirim kebutuhan bagi para pengungsi tersebut. "Kita sudah ngirim cuma barangnya belum sampai ini," ujarnya.

Baca juga: Headline Tribun Jabar Hari Ini, Kilang Minyak Balongan Milik Pertamina Meledak Setelah Warga Demo

Baca juga: Dua Jam Sebelum Kebakaran Pertamina Balongan Indramayu, BPBD Sebut Ada Kejadian Ini

Mengenai kebutuhan para pengungsi dikatakan Risma, Kemensos mengirim bantuan berupa kebutuhan pakaian serta makanan, "Tadi ada kasur, ada pakaian dan pokok anak, kemudian juga makanan siap saji," kata Risma.

Dia kemudian mengungkap, jika kerusakan warga terdampak ledakan kilang minyak Pertamina RU VI akan diselesaikan pihak Pertamina.

"Tadi saya sudah minta agar didata, katanya pihak Pertamina juga akan memperbaikinya, nanti kita lihat, kalau Pertamina bisa menyelesaikan kami tidak turun." pungkasnya.

Pengungsi di Kampung Benteng, Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.
Pengungsi di Kampung Benteng, Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang. (Tribun Jabar)

Dampak kebakaran

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved