Breaking News:

Ratusan Pensiunan ASN di Sumedang yang Sudah Lansia Mulai Disuntik Vaksin Covid-19

Para purnabakti yang sudah lanjut usia ini dianggap perlu segera melakukan vaksinasi untuk meningkatkan imun tubuh

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Pensiunan ASN saat disuntik Vaksin Covid-19 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Ratusan purnabakti atau pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Sumedang disuntik vaksin Covid-19 di Puskesmas Situ Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Rabu (24/3/2021).

Pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang untuk purnabakti yang sudah lansia ini rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan.

Salah satu penerima vaksin, Atje Aifin Abdullah yang juga mantan Sekda Kabupaten Sumedang mengatakan, penerima vaksin yang tergabung dalam komunitas purnabakti kali ini berjumlah 120 orang.

Baca juga: Bu Kades Selingkuhi Berondong Anak Buahnya, Suami Biasa Pergoki lewat Chattingan Kini Bugil di Kamar

"Rencana awal akan dilaksanakan di Islamic Centre, namun dari pihak Dinkes merasa khawatir karena ini menyangkut masalah lansia sehingga harus dilakukan di fasilitas kesehatan. Untuk itu, ditunjuklah Puskesmas Situ yang menurut saya cukup representatif," ujarnya saat ditemui seusai vaksinasi.

Menurutnya, para purnabakti yang sudah lanjut usia ini dianggap perlu segera melakukan vaksinasi untuk meningkatkan imun tubuh, khususnya bagi yang kondisi tubuhnya sudah berkurang.

"Alhamdulillah kami juga bisa berperan serta dalam mensukseskan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sumedang. Ini baru pertama kali di laksanakan bagi para lanjut usia," katanya.

Kepala Puskesmas Situ, Aries SBP mengatakan, vaksinasi lansia berbeda dengan vaksinasi non lansia, dimana jarak untuk melakukan vaksin ke dua bagi non lansia selama 14 hari, sedangkan untuk lansia jaraknya 28 hari.

Baca juga: Jenis Pelanggaran dan Besaran Denda Tilang Elektronik serta Mekanisme dan Cara Bayar Dendanya

"Alasan lansia yang tidak bisa melaksanakan vaksin rata-rata Δ·arena mempunyai penyakit sistemik seperti diabetesmelitus dan hipertensi," ucap Aries.

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan menambahkan, dengan adanya vaksinasi untuk purnabakti yang notabene lansia ini diharapkan akan menambah imun tubuhnya.

"Saya juga berharap distribusi vaksin dari pusat bisa cepat terealisasi agar akhir Tahun 2021 ini seluruh masyarakat Sumedang bisa segera divaksin," kata Erwan.

Sementara saat disinggung terkait dengan vaksinasi masyarakat umum yang berada di wilayah kecamatan dan pedesaan, Erwan belum bisa memastikan karena nanti akan ada tahapannya.

Baca juga: Kisah Kartoyo Selamat dari Kecelakaan Kapal, 15 Hari Terombang-ambing hingga Hanyut, Minum Air Laut

"Tapi yang terpenting saat ini adalah distribusi vaksin dari pusat kepada kami di wilayah kabupaten. Jika sudah diterima, secepatnya akan kami laksanakan vaksinasi kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Sumedang," ujarnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved