Breaking News:

Sejumlah Nama Tempat di Garut Ini Ternyata Petilasan Prabu Siliwangi, Mulai Sanding hingga Munjul

Kabupaten Garut menjadi daerah yang diyakini banyak bersinggungan dengan proses pengejaran Prabu Siliwangi

tribunjabar/sidqi al ghifari
Batu Pangsujudan di Situs Ciburuy. Sejumlah Nama Tempat di Garut Ini Ternyata Petilasan Prabu Siliwangi, Mulai Sanding hingga Munjul 

Laporan Kontributor Tribujabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Kabupaten Garut menjadi daerah yang diyakini banyak bersinggungan dengan proses pengejaran Prabu Siliwangi oleh anaknya, Prabu Kian Santang

Prabu Kian Santang yang memilih memeluk agama Islam mengemban tugas untuk mengislamkan sang ayah, Prabu Siliwangi.

Akibat dari pengejaran itu, nama-nama tempat di Garut yang pernah diinjak atau petilasan Prabu Siliwangi hingga kini memiliki nama yang dihasilkan dari ucapan dan perilaku sang Raja Padjadjaran itu. 

Sejarawan dan Budayawan Garut Warjita mengatakan proses pengejaran tersebut berawal dari Bogor dan berakhir di Hutan Sancang atau yang dikenal dengan sebutann Leuweung Sancang di Garut Selatan.

"Menurut cerita, ketika akan diislamkan oleh anaknya, Prabu Siliwangi berlari ke arah timur, dia sampai di Garut dan beristirahat bersanding bersama pengikutnya, muncul lah nama daerah yaitu Muara Sanding," katanya. 

Baca juga: Foto Pernikahan Ikbal Rendy Ikatan Cinta dengan Novia Giana, Seperti Pangeran dan Putri Kerajaan

Setelah beristirahat di kawasan Sanding, Prabu Siliwangi mengetahui bahwa anaknya akan segera sampai menyusulnya, tidak ingin tersusul oleh Kian Santang, Prabu Siliwangi melakukan perjalanan bawah tanah.

"Jadi supaya tidak ketahuan sama anaknya, ketika dari Sanding itu dia melakukan nerus bumi, dia masuk tanah bersama pengikutnya, lalu muncul di daerah Munjul, Munjul itulah berasal dari kata muncul," katanya.

Munjul adalah daerah yang berada di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut

Warjita menjelaskan setelah Prabu Siliwangi dan pengikutnya muncul dari kawasan Munjul mereka berjalan terus ke arah Padarek Bayongbong.

Halaman
123
Penulis: Sidqi Al Ghifari
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved