Breaking News:

Kenaikan Harga Cabai Buat DPKP Sumedang Dilematis, Ini Alasannya

DPKP Kabupaten Sumedang dilematis dengan adanya kenaikan harga capai di tingkat pasar yang hingga saat ini belum kembali normal.

Kontributor Kota Sukabumi/Fauzi Noviandi
ILUSTRASI: cabai merah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang dilematis dengan adanya kenaikan harga cabai di tingkat pasar yang hingga saat ini belum kembali normal.

Seperti diketahui, harga cabai di pasar tembus Rp 150 ribu per kilogram, padahal normalnya hanya Rp 70 ribu per kilogram. Kenaikan ini diduga karena banyak petani yang gagal panen akibat cuaca buruk.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, Rudi Suprayogi, mengatakan, harga cabai naik di saat cuaca buruk membuat petani tidak mengalami kerugian yang cukup besar.

"Masalah kenaikan harga, bagi kami ya senang saja, artinya petani menikmati, tapi konsumen yang menjerit," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (21/3/2021).

Rudi mengatakan, pihak dari DPKP yang merupakan pembina para petani memang sudah seharusnya membuat sejahtera para petani meskipun kondisi cuaca buruk, bahkan menyebabkan gagal panen.

"Itu yang kami harapkan (petani sejahtera), tapi kan tetap harus ada keseimbangan. Jadi sering kali, kami dilematis kalau ada kenaikan harga itu," kata Rudi.

Baca juga: Video Bocoran Sinetron Ikatan Cinta 21 Maret 2021, Al Beri Kejutan Romantis Seperti Ini untuk Andin

Terkait kenaikan harga ini, kata dia, setidaknya membuat para petani tetap untung, tetapi di sisi lain pedagang pasar dan konsumen pasti merasa dirugikan karena pasti mengurangi daya pembeliannya.

"Kalau dilihat dari sisi teknis dari kami, ini dianggap keberhasilan, tapi kan publik bagiamana? Kita paham juga kondisi seperti ini," ucapnya.

Untuk sementara ini, kata dia, yang terpenting para petani tidak dirugikan, tetapi konsumen juga harus paham kondisi karena suatu saat nanti, harga cabai bakal kembali normal.

"Ya, biasanya harga cabai bakal kembali normal lagi kalau cuacanya sudah membaik," kata Rudi.

Baca juga: Bisa Dimanfaatkan Pengusaha, Ada Tarif Menarik dan Penerbangan Kargo Rute Bandara Kertajati-Batam

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved