Breaking News:

Heri dan Hari Cukup 3 Menit Petik Mobil Pikap, jika Maling Motor Pakai Kunci T, Mobil Pakai Kunci Y

Tersangka Heri dan Hari yang menjadi maling spesialis mobil bak terbuka alias mobil pikap, hanya butuh waktu tiga

Penulis: Andri M Dani | Editor: Ichsan
tribunjabar/andri m dani
Heri dan Hari Cukup 3 Menit Petik Mobil Pikap, jika Maling Motor Pakai Kunci T, Mobil Pakai Kunci Y 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Tersangka Heri dan Hari yang menjadi maling spesialis mobil bak terbuka alias mobil pikap, hanya butuh waktu tiga menit untuk memetik mobil pikap incarannya.

“Sasaran utamanya adalah mobil yang diparkir di depan rumah atau di sisi jalan maupun dekat kebun. Terutama mobil bak terbuka,” ujar Kapolsek Ciamis Kompol Nia Kurnia SH MH yang didampingi Kasubag Humas Polres Ciamis Iptu Magdalena kepada para wartawan, Jumat (19/3/2021) siang.

Menurut pengakuan tersangka Heri dan Hari kepada petugas, ketika beroperasi bersama seorang rekannya yang sekarang masih buron, mereka hanya butuh waktu 3 menit untuk memetik satu mobil pikap.

Mobil bak terbuka biasanya diparkir atau disimpan begitu saja di halaman rumah atau di sisi jalan. Bahkan kadang di sisi kebun.

Baca juga: Satu Per Satu Rumah Warga di Cikawung Indramayu Lenyap Ditelan Sungai Cipanas, Begini Prosesnya

Mobil yang sudah menjadi incerannya, oleh tersangka digasak dengan menggunakan kunci berbentuk Y dan anak kunci berbentuk lancip.

Kedua kunci tersebut digunakan untuk membuka pintu mobil. Setelah pintu mobil terbuka, kunci Y dan anak kunci lancip tersebut digunakan untuk merusak kunci kontak.

Setelah rem tangan dibuka, giliran Hari yang sehari-hari bekerja sebagai sopir mengemudi dan membawa kabur mobil meninggalkan lokasi kejadian.

Tersangka memilih mobil bak terbuka untuk dicuri karena cukup mudah menjualnya. Satu mobil bak terbuka bisa dijual seharga Rp 10 juta.

Tapi kini Heri dan Hari harus merasakan dinginnya ruang tahanan Polsek Ciamis Kota.

Baca juga: Persib Pilih Pakai Bus untuk Berangkat ke Sleman, Beckham Putra Tak Masalah, Siap Beri yang Terbaik

Kawanan pencuri  spesialis mobil bak terbuka tersebut berhasil diciduk jajaran Unit Reskrim Polsek Ciamis menyusul raibnya sebuah mobil milik warga di Kampung Turalak Desa Sukamaju Baregbeg Ciamis pekan terakhir bulan Januari lalu. Sementara salah seorang tersangka masih buron.

Heri dan Hari diciduk dengan 8 buah mobil sebagai barang bukti.

Menurut Kapolsek Ciamis Kompol Nia Kurnia SH MH, tersangka terancam ketentuan pasal 363 KHUP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved