Breaking News:

Hasil Pelatihan di BBPLK Bandung Terserap Industri, Canangkan Zona Integritas Menuju WBK

Semua masyarakat dapat mengikuti pelatihan di BBPLK dengan mendaftar melalui website Sistem Ketenagakerjaan (Sisnaker).

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Nazmi Abdurrahman
Kepala BBPLK Bandung, Aan Subhan (kemeja putih) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung setiap tahunnya memberikan pelatihan kepada ribuan masyarakat agar terserap oleh industri.

Program pelatihan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini. Bahkan, untuk tahun ini BBPLK Bandung sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah industri untuk penempatannya.

Kepala BBPLK Bandung, Aan Subhan mengatakan, pihaknya selama ini sudah bekerjasama dengan berbagai industri dan tahun ini, kata dia, bakal ada sekitar 3.500 yang diberikan pelatihan di BBPLK Bandung.

"Setiap tahunnya sekitar 72 persen langsung terserap di Industri dan tersebar di Indonesia, tidak hanya Jawa Barat saja," ujar Aan di BBPLK Bandung, Jalan Gatot Subroto, Jumat (19/3/2021).

Aan memastikan tidak ada gratifikasi dalam proses pelayanannya.

Semua masyarakat dapat mengikuti pelatihan di BBPLK dengan mendaftar melalui website Sistem Ketenagakerjaan (Sisnaker).

Saat ini kata dia, BBPLK Bandung pun tengah mencanangkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani WBBM) untuk meningkatkan pelayanan pelatihan kepada masyarakat.

Baca juga: Indonesia Punya Aturan Standar Bangunan Tahan Gempa, Jepang Terapkan Gedung Antigempa Sejak 1981

"Saya berharap dengan adanya zona integritas ini kita dapat melayanai masyarakat dengan baik, terutama masyarakat yang ada di Jawa Barat dan Indonesia, jadi tidak layanan yang berbau gratifikasi," katanya.

Pelaksana Tugas Inspektorat Jenderal Kementrian Ketenagakerjaan Ruslan Irianto Simbolon menambahkan, pencanangan ini merupakan program nasional dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Saat ini, kata dia, belum semua BBPLK memperoleh predikat sebagai Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi.

"Pencanangan ini baru dilakukan satu kali yaitu Balai Latihan Kerja Cikole, di Lembang tahun 2020 kemarin. Hingga saat ini baru kita upayakan untuk mendapatkan predikat sebanyak banyaknya dari satuan kerja satuan kerja yang milik Kementerian Ketenagakerjaan," ujar Irianto.

Baca juga: Pengumuman: Pelaksanaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) 2021

BBLK Bandung, kata dia, sudah banyak menghasilkan tenaga kerja berkualitas dan menjadi penyumbang pembangunan di wilayah Jawa Barat khususnya.

"Satuan kerja ini dirasakan benefitnya oleh semua pihak, terutama oleh lingkungan. Nanti predikatnya sangat bergantung pada penialian MenpanRB tapi dari segi kriteria, persyaratan dan suport dari berbagai pihak sepertinya tahun ini BBPLK Bandung optimistis akan mendapat predikat itu," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved