Breaking News:

Dua Ruas Jalan yang Rusak di Surian Sumedang Mau Dibeton, Habiskan Dana Rp 2 Miliar

Ruas Jalan Jingkang-Cisumur yang menghubungkan Kecamatan Tanjungmedar dan Kecamatan Surian

istimewa
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Sekretaris DPUPR Kabupaten Sumedang, Sonny Nurgahara saat meninjau jalan Jingkang- Cisumur. Dua Ruas Jalan yang Rusak di Surian Sumedang Mau Dibeton, Habiskan Dana Rp 2 Miliar. 

Dua Ruas Jalan yang Menghubungkan Dua Kecamatan di Sumedang Rusak, Perbaikan Butuh Rp 2 Miliar

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Ruas Jalan Jingkang-Cisumur yang menghubungkan Kecamatan Tanjungmedar dan Kecamatan Surian, Kabupaten Sumedang mengalami kerusakan sepanjang 400 meter.

Berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sumedang, ruas jalan tersebut memiliki panjang 9.240 meter dan lebar 3,50 meter.

Sekretaris DPUPR Kabupaten Sumedang, Sonny Nurgahara mengatakan, dari total panjang 9.240 meter tersebut, sepanjang 7.040 meter dalam kondisi baik, dan 1.800 meter dalam kondisi sedang.

"Kondisi rusak ringan 400 meter dan untuk perbaikan akan dilakukan dengan cara dibeton sepanjang 600 meter dan lebar 4 meter," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar, Minggu (14/3/2021).

Baca juga: Empat Kelurahan jadi Teladan Penanganan Covid-19 di Indonesia, Satu di Antaranya dari Jawa Barat

Sebelum melakukan perbaikan ruas jalan pihaknya sudah melakukan survei dengan Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir untuk memastikan panjang kerusakan jalan tersebut.

"Saya sudah survei bersama Pak Bupati ke lokasi, rencana pekerjaan peningkatan ruas jalan Jingkang-Cisumur akan dikerjakan pada tahun 2021 dengan anggaran Rp 1 miliar," kata Sonny.

Selain memperbaiki ruas jalan ini, pihaknya juga akan memperbaiki ruas Jalan Hariang-Cisumur di Desa Surian, Kecamatan Surian, Kabupaten Sumedang.

"Rencana perbaikan Jalan Hariang-Cisumur yang akan dilaksnakana pada tahun 2021 senilai Rp 1,5 miliar dengan target penanganan panjang 1.250 meter dan lebar 4 Meter, kemudian TPT bronjong 20 meter dan saluran beton 50 meter," ucapnya.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, mengakui, bahwa selama ini yang dikeluhkan oleh warga di Kecamatan Surian ini rata-rata memang masalah jalan yang rusak.  

Baca juga: Pilkades di Purwakarta Bakal Habiskan Anggaran Rp 20 Miliar, Catat Pendaftaran dan Pencoblosannya

"Tahun ini direncanakan, Pemda akan membangun Jalan Jingkang-Cisumur yang panjangnya 600 meter. Ini melanjutkan yang tahun kemarin belum selesai, kemudian yang kedua Jalan Hariang-Cisumur," kata Dony.

Dony mengatakan, Pemkab Sumedang sudah menyiapkan Rp 2 miliar lebih untuk memperbaiki dua ruas jalan tersebut, supaya akses masyarakat bisa lebih mudah.

"Mudah-mudahan bisa segera terwujud untuk mempermudah akses masyarakat dalam berusaha, menuju tempat pendidikan dan tempat kesehatan," ucapnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved