Breaking News:

VIDEO-Mitigasi Bencana Longsor di Desa Giriasih KBB, BNPB Tanam 2.250 Bibit Pohon

Dalam upaya mitigasi bencana longsor di KBB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Wildan Noviansah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Dalam upaya mitigasi bencana longsor di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan penanaman 2.250 bibit pohon di Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar, KBB, Jumat (12/3/2021).

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mitigasi terkait potensi bencana alam longsor yang tinggi di daerah Desa Giriasih.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Dani Ramdan mengatakan, penanaman pohon merupakan satu bentuk mitigasi sederhana yang bisa dilakukan masyarakat. 

"Karena kalau misal harus membuat Tembok Penahan Tanah (TPT) itu ranahnya pemerintah. Sedangkan penanaman pohon ini merupakan satu hal kecil sebagai mitigasi bencana yang bisa dilakukan semua kalangan," katanya saat diwawancarai, Jumat (12/3/2021). 

Kegiatan di buka dengan proses simbolisasi penanaman pohon oleh kepala BNPB, Doni Monardo dan dilanjut oleh pejabat lainnya mulai dari Kepala BPBD Jawa Barat, hingga Kepala BPBD Bandung Barat. 

Dalam kegiatan tersebut ditanam 2250 bibit yang didatangkan langsung oleh pihak BNPB. Diantaranya tanaman pertiper berjumlah .2.000 bibit dan sisanya bibit tanaman rasamala, ki badak, damar, dan mahoni. 

Dani mengatakan hal ini bertujuan sebagai upaya pencegahan longsor secara alami. Disamping itu, juga untuk membangun kesadaran warga terkait mitigasi bencana dari hal kecil terlebih dahulu. 

"Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pengganti TPT dan meminimalisir potensi bencana longsor. Semoga dengan adanya kegiatan ini juga bisa membuat warga perduli terhadap lingkungannya, dalam hal ini ditandai dengan penanaman pohon yang akan sangat bermanfaat nantinya." pungkasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Mitigasi Bencana Longsor di Giriasih KBB, BNPB Tanam 2.250 Bibit Pohon

Penulis: Wildan Noviansah
Editor: Ichsan
Video Editor: Edwin Tk

Penulis: Wildan Noviansah
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved