Breaking News:

Jumlah Rumah yang Rusak Terdampak Pergerakan Tanah di Cibalong Kabupaten Tasik Mencapai 122 Unit

Jumlah rumah terdampak pergerakan tanah di Kampung Cianteg, Desa Setiawaras, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, mencapai 122 unit

Istimewa
Salah satu rumah yang rusak berat tampak miring dan temboknya retak-retak di lokasi pergerakan tanah Kampung Cianteg, Desa Setiawaras, Kecamatan Cibalong, Kabupatrn Tasikmalaya, diberi garis polisi karena membahayakan penghuninya. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Jumlah rumah terdampak pergerakan tanah di Kampung Cianteg, Desa Setiawaras, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, mencapai 122 unit.

Kepala Desa Setiawaras, Asep Gurnawan, mengungkapkan, ke-122 rumah itu mengalami kerusakan. Namun sebagian besar hanya mengalami kerusakan ringan.

"Yang rusak berat hanya tiga rumah, dan sudah diberi garis polisi agar tidak dihuni lagi karena kondisinya membahayakan keselamatan jiwa," kata Asep, Minggu (28/2/2021).

Menurut Asep, walau ancaman pergerakan tanah masih mungkin terjadi, tapi para pemilik rumah yang rusak ringan berupaya memperbaikinya.

"Seperti tembok retak sedikit segera ditambal. Sedangkan tiga rumah yang rusak berat, terpaksa ditinggalkan karena dikhawatirkan ambruk," ujar Asep.

Warga pun bergotong-royong menambal tanah yang merekah, agar tidak kemasukan air saat hujan turun.

"Termasuk juga sebuah saluran air yang merekah, saat ini masih dalam perbaikan dengan cara ditimbun lagi, agar air tidak masuk ke dalam tanah," kata Asep.

Baca juga: Sepak Terjang Artidjo Alkostar, yang Paling Ditakuti Koruptor, Harta Kekayaan Tak sampai Rp 200 Juta

Untuk mengantisipasi hal tak diinginkan, warga melaksanakan ronda malam secara bergiliran.

"Jika terjadi hal buruk di malam hari bisa segera diketahui karena ada petugas ronda. Sehingga ada waktu untuk mengungsi," ujar Asep.

Baca juga: Pelaku Pengeroyokan di Asia Afrika Bandung Libatkan Geng Motor, Sempat Diamankan namun Tak Ditahan

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved