Breaking News:

VIDEO-Prospek Bisnis, Peternak Lebah di Kampung Madu Banjaranyar Mulai Kembangkan Lebah Trigona

Trigona biroi ini dinilai lebih unggul dibandikan lebah trigona lokal yang selama ini menjadi andalan para peternak lebah di Desa Banjaranyar

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Sudah sebulan ini sejumlah peternak lebah di Kampung Madu Dusun Sindangasih Desa/Banjaranyar mulai beternak lebah trigona (teuweul/klanceng) jenis biroi.

Trigona biroi ini dinilai lebih unggul dibandingkan lebah trigona lokal yang selama ini menjadi andalan para peternak lebah di Desa Banjaranyar tersebut.

“Koloni lebah trigona biroi ini sengaja kami datangkan langsung dari Sopeng Sulawesi Selatan,” ujar Ujang Hadi (39), peternak lebah madu warga Dusun Sindangasih  Rt 02 RW 03 Desa Banjaranyar Kecamatan Banjaranyar kepada Tribun baru –baru ini.

Baca juga: VIDEO-Heboh, di Acara Pernikahannya, Pengantin Wanita ini Unjuk Kebolehan Main Drum

Saat ini menurut Ujang, ia memiliki 60 stup (sarang buatan) lebah trigona.

Yakni 40 stup berisi lebah trigona itama yang sudah lama dipeliharanya dan 20 stup baru berisi trigona biroi yang didatangkan dari Sopeng (Sulsel).

Informasinya menurut Ujang, lebah trigona biroi lebih unggul dari 6 jenis lebah trigona lokal yang ada di Desa Banjaranyar seperti trigona matahari, triogona moncong keras, moncong lembek, linot, trigona itama maupun trigona incisa dan laeviceps.

Maupun lebah madu bersengat seperti avis  cerena.

Halaman
123
Penulis: Andri M Dani
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved