Breaking News:

VIDEO-Bupati Subang dan BBWS Citarum Disambut Aksi Demonstrasi, Ini Pengakuan Koordinator Aksi

Demonstrasi itu digelar karena kelompok pemuda tersebut tahu akan kedatangan Bupati Subang H Ruhimat dengan pihak BBWS Citarum.

Laporan Kontributor TribunJabar.id, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, SUBANG - Saat kedatangan Bupati dan pejabat BBWS Citarum ke lokasi tanggul jebol di Desa Bongas, Pamanukan, Subang, pada Senin (22/2/2021) Kelompok Pemuda Subang Utara (PSU) gelar aksi demonstrasi.

Tujuan aksi kelompok pemuda tersebut guna menuntut solusi konkrit dari Pemerintah terhadap permasalahan banjir yang setiap tahunnya melanda wilayah tersebut. Menurut catatan Pemerintah setempat, banjir di Subang tahun ini adalah yang terparah semenjak lima tahun terkahir.

Koordinator Aksi (PSU) Gesi Gumilang mengatakan, demo tersebut sebelumnya memang tidak direncanakan hanya saja kebetulan saat itu mereka sedang berada di lokasi tanggul yang jebol dan tahu akan ada rencana kedatangan Bupati.

Kami saat itu spontan, karena memang kita juga ingin menuntut pihak BBWS, kebetulan juga kemarin pihak BBWS datang ke lapangan, saat itulah kami mulai aksi," ujar Gesi saat diwawancara Tribun melalui sambungan telepon, Selasa (23/2/2021).

Gesi menuturkan, aksi tersebut murni merupakan inisiatif mereka, "Karena disitu memang ada anggota kami yang memang semuanya korban banjir, jadi ya paham lah bagaimana dorongan pribadinya masing-masing dalam mengutarakan keinginannya dan keresahannya kepada pemerintah," paparnya.

Ditegaskan Gesi aksi tersebut tidak direncanakan dan tidak terorganisir, malah pihaknya menyebut dengan adanya aksi demonstrasi mungkin bisa menjadi perhatian prioritas pemerintah untuk menangani permasalahan tersebut.

Baca juga: VIDEO-Tinjau Banjir Bupati Subang Ruhimat Meminta Pemprov dan Pemerintah Pusat Turun ke Pamanukan

Banjir tahun ini sudah dalam tahap yang luar biasa, bukan hanya materi, fisik tenaga, tapi sudah mulai mempengaruhi psikis yang menjadi taruma di masyarakat," ungkap Gesi.

Menyambung pembicaraan Gesi, saat terjadi banjir di Pantura Subang, Kelompok PSU juga terlibat dalam menangani banjir, "Sebagian teman-teman menjadi relawan dan stay di lokasi pengungsian. Bahkan ketika banjir sudah surut adalah salah satu warga yang tidak mau pulang karena takut terjadi banjir susulan, artinya kan mereka sudah trauma," imbuhnya.

Baca juga: VIDEO-Wapres Maruf Amin Tinjau Wilayah Pascabanjir di Subang, Beri Bantuan untuk Para Korban Banjir

Intinya kami bergerak berawal dari keresahan masyarakat yang terdampak banjir, bahkan kami (Kelompok PSU) juga semuanya korban banjir," kata Gesi.

Setelah aksi demonstrasi tersebut Gesi mengqtakan, Bupati Subang memfasilitasi mereka untuk berdiskusi bersama pihak BBWS di kantor Desa Bongas, namun hal itu gagal dilakukan, "Kita diajak diskusi di kantor Desa, dan kita setujui namun ketika perwakilan kami menyusul ternyata Bupati dan pihak BBWS itu sudah tidak ada." pungkasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Pemuda Subang Utara Demo Bupati di Lokasi Tanggul Jebol, ''Kami Capek dan Muak!''


Penulis: Irvan Maulana
Editor: Hermawan Aksan
Video Editor: Edwin Tk

Penulis: Irvan Maulana
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved