Breaking News:

Arti Kata Gelay yang Keluar dari Mulut Nissa Sabyan, Pakar Linguistik UPI Bandung Jelaskan Asal Kata

Apa arti gelay dipopulerkan Nissa Sabyan? Pakar Linguistik Forensik UPI, Andika Dutha Bachari mengatakan, bahwa kata gelay variasi bahasa.

Youtube/Sabyan
Apa arti gelay dipopulerkan Nissa Sabyan? Pakar Linguistik Forensik UPI, Andika Dutha Bachari mengatakan, bahwa kata gelay variasi bahasa. 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kata gelay yang di populerkan oleh Nissa Sabyan dalam salah satu videonya, menjadi salah satu trending topic di linimasa Twitter hari ini.

Pakar Linguistik Forensik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Andika Dutha Bachari mengatakan, bahwa kata gelay tersebut, merupakan variasi bahasa yang memiliki arti kata geli.

Jadi, arti kata gelay adalah geli.

Baca juga: Apa Sih Gelay? Kreativitas Nissa Sabyan? Atau Berlebihan? Ini Kata Pakar Linguistik Forensik UPI

Variasi bahasa itu biasanya terkait dengan sebuah ekspresi seseorang dalam mengungkapkan sesuatu dalam kondisi tertentu. 

"Gelay yang disampaikan itu maksudnya adalah geli dan merupakan variasi bahasa. Kenapa ada variasi bahasa karena ada perubahan bentuk dan bunyi dari "i" menjadi "ay". Sebetulnya gejala variasi bahasa ini sudah sering terjadi dan kerap dilakukan oleh kaum milenial sebagai gaya komunikasinya, seperti halnya kata capek yang diubah menjadi cuape," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, karena Nissa Sabyan merupakan representasi dari kaum milenial, maka aktivitas komunikasi dengan gaya berbahasa seperti itu merupakan cara mengekspresikan identitas dirinya. 

Baca juga: Nissa Sabyan Pernah Ngaku Punya Pacar, Teman Emosi Nissa Disebut Pelakor, Padahal Ayus Ngaku Khilaf

"Dengan situasi demikian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tidak selalu menjadi rujukan atau aturan baku dalam tata cara komunikasi masyarakat di lingkungannya," ucapnya.

Bahkan, lanjutnya, perubahan atau variasi bahasa ini pun bukan merupakan upaya untuk merusak tatanan sebuah bahasa.

Tapi justru merupakan kreativitas dari anak muda untuk menyampaikan ekspresi kepada sesamanya.

Halaman
1234
Penulis: Cipta Permana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved