Breaking News:

Apa Sih Gelay? Kreativitas Nissa Sabyan? Atau Berlebihan? Ini Kata Pakar Linguistik Forensik UPI

Istilah gelay mendadak ramai yang diucapkan oleh Nissa Sabyan ternyata memiliki tanggapan berbeda dari Pakar Linguistik Forensik UPI

Instagram/nissa_sabyan
Nissa Sabyan - Istilah gelay mendadak ramai yang diucapkan oleh Nissa Sabyan ternyata memiliki tanggapan berbeda dari Pakar Linguistik Forensik UPI 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kata Gelay yang di populerkan oleh Nissa Sabyan dalam salah satu videonya, menjadi salah satu trending topic di linimasa Twitter hari ini.

Pakar Linguistik Forensik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Andika Dutha Bachari mengatakan, bahwa kata Gelay tersebut, merupakan variasi bahasa yang memiliki arti kata geli.

Baca juga: Apa Itu Gelay Dimata Anak Muda Bandung? Geli Atau Gak Like Versi Nissa Sabyan, Ini Fakta di Lapangan

Baca juga: Isu Selingkuh Anaknya dengan Nissa Sabyan Disebut Bikin Ibu Ayus Sakit, Sosok Ini Bongkar Faktanya

Variasi bahasa itu biasanya terkait dengan sebuah ekspresi seseorang dalam mengungkapkan sesuatu dalam kondisi tertentu. 

="Gelay yang disampaikan itu maksudnya adalah geli dan merupakan variasi bahasa. Kenapa ada variasi bahasa karena ada perubahan bentuk dan bunyi dari "i" menjadi "ay". Sebetulnya gejala variasi bahasa ini sudah sering terjadi dan kerap dilakukan oleh kaum milenial sebagai gaya komunikasinya, seperti halnya kata capek yang diubah menjadi cuape," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Kata Gelay Dipopulerkan Nissa Sabyan Benarkah Geli? Ini Arti Kata Gelay Lainnya, Tren Aegyo Baru

Baca juga: MUNCUL Sosok Pacar Nissa Sabyan, Masih Kuliah, Isu Selingkuh dengan Ayus Penyebab Gugat Cerai Benar?

Menurutnya, karena Nissa Sabyan merupakan representasi dari kaum milenial, maka aktivitas komunikasi dengan gaya berbahasa seperti itu merupakan cara mengekspresikan identitas dirinya. 

"Dengan situasi demikian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tidak selalu menjadi rujukan atau aturan baku dalam tata cara komunikasi masyarakat di lingkungannya," ucapnya.

Baca juga: Viral Kata Gelay, Ini Video Saat Nissa Sabyan Ucapkan Kata Itu dengan Nada Manja, Trending Medsos

Baca juga: KABAR TERBARU Perselingkuhan Ayus Sabyan-Nissa Sabyan, Benarkah Cuma Settingan Jelang Ramadhan?

Bahkan, lanjutnya, perubahan atau variasi bahasa ini pun bukan merupakan upaya untuk merusak tatanan sebuah bahasa. Tapi justru merupakan kreativitas dari anak muda untuk menyampaikan ekspresi kepada sesamanya.

"Dengan demikian, kondisi ini tidak perlu ditanggapi berlebihan oleh masyarakat, apalagi sampai harus ada sanksi, sebab bukan sesuatu yang memiliki arti atau tujuan berbeda dari arti sebenarnya," katanya.

Penulis: Cipta Permana
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved