Breaking News:

Curah Hujan Tinggi, Waspada Melintas Di Ruas Jalan Tol, Ini Tipsnya Dari PJR Cipularang

PJR Tol Cipularang mengimbau kepada pengguna kendaraan untuk waspada saat melintas di ruas jalan tol di tengah curah hujan tinggi

ist
Ilustrasi banjir di ruas tol- PJR Tol Cipularang mengimbau kepada pengguna kendaraan untuk waspada saat melintas di ruas jalan tol di tengah curah hujan tinggi 

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Kondisi cuaca ekstrem akhir-akhir ini dengan curah hujan cukup tinggi membuat Kantor Induk PJR Cipularang melakukan langkah antisipasi terjadinya kecelakaan di wilayah ruas Tol Cipularang.

Kepala Induk PJR Cipularang, AKP Stanlly Soselisa menyampaikan di tengah situasi dan kondisi yang hampir setiap hari turun hujan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Jasa Marga untuk menginformasikan melalui VMS jalan tol titik-titik lokasi banjir sehingga menjadi informasi bagi pengguna jalan agar dapat mengantisipasi perjalanan menuju Jakarta dan informasi itu sudah ditampilkan langsung lewat VMS yang ada di Jalan Tol Cipularang.

Baca juga: Banjir, Calon Penumpang Kereta Api Tujuan Jakarta Batalkan Perjalanan, Ganti Pakai Bus

"Kami bersama Jasa Marga mengantisipasi titik-titik rawan genangan air dan longsor yang ada di Tol Cipularang. Sejauh ini situasi Tol Cipularang masih kondusif dan aman terkendali," katanya.

Tak hanya itu, AKP Stanlly pun memberikan tips berkendara selama musim hujan saat melewati ruas tol, seperti salahsatunya selalu waspada di KM 100 B (Bandung arah Jakarta) hingga Gerbang Tol Kalitama dan jalur sebaliknya jalur A, mulai KM 97 sampai Cikamuning KM 116.

Baca juga: Tolak Bersihkan Fasilitas Umum, Ibu-Ibu Dihukum Bernyanyi dan Kaum Bapak Push Up, Tak Pakai Masker

"Jalur B miliki medan yang berbahaya. Ada beberapa titik miliki turunan curam dan tikungan tajam. Begitu sebaliknya yang hampir sama. Kami imbau ke para pengendara di musim hujan ini untuk berhati-hati pada kondisi terbentuknya lapisan air antara ban mobil dengan permukaan jalan akibat sisa hujan yang menggenang," katanya, Minggu (21/2/2021).

Curah hujan yang tinggi, kata AKP Stanlly, pengendara mesti melajukan kendaraannya maksimal 80 kilometer per jam dan minimal 60 kilometer per jam.

Baca juga: Jadwal Pertandingan AC Milan, LIVE STREAMING TV Bersama AC Milan vs Inter Milan Malam Ini

Selanjutnya, untuk hindari tabrak belakang, AKP Stanlly meminta pengendara menjaga jarak aman dengan kendaraan lain yang berada di depannya antara 50 sampai 100 meter, dan tetap menjaga konsentrasi saat berkendara, dengan pastikan pandangan jalan terlihat dengan jelas.

"Terpenting berdoa sebelum pergi dan jangan memaksakan mengemudi ketika kondisi lelah atau mengantuk. Lebih baik istirahat di rest area yang ada di sepanjang tol," katanya. 

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved