Breaking News:

Senang Jajan? Ini Ciri-ciri Makanan yang Mengandung Bahan Berbahaya, dari Mie sampai Tahu

Secara umum kita dapat mengenali makanan yang mengandung zat berbahaya dari bentuk fisiknya, seperti warna, tekstur, dan rasa.

Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/Ferri AM
ILUSTRASI-barang bukti mie berformalin di Cianjur 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Makanan yang dijual di pasaran tidak seluruhnya aman dikonsumsi karena masih saja ada pedagang nakal yang mencampur daganganya dengan bahan berbahaya agar terlihat menarik dan awet bila tidak laku.

Namun terkadang pembeli terkecoh, makanan yang terlihat bersih dianggap lebih baik dari makanan yang terlihat kotor.

Hal ini perlu diperhatikan karena bisa saja terlihat bersih tapi ternyata diberi bahan tertentu hingga terlihat bersih dan menarik.

Preview Manchester United vs Everton Nanti Malam, Menanti Debut Amad Diallo, Live Streaming Mola TV

Dikutip dari Kompas.Com, walaupun sudah berulang kali disidak dan diperingatkan, tetapi masih saja ditemukan makanan yang mengandung zat berbahaya di pasaran.

Bukan cuma terdapat dalam bahan makanan basah seperti mi dan tahu, jajanan anak di sekolah juga tak luput dari ancaman bahan kimia berbahaya.

Dari hasil pengambilan sampel rutin yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dalam beberapa tahun terakhir, ada empat jenis bahan berbahaya yang sering disalahgunakan dalam makanan, yakni formalin, boraks, pewarna rhodamin B, dan methanyl yellow.

Sebenarnya, tanpa melakukan uji laboratorium agak sulit menentukan apakah bahan makanan yang dijual aman atau bebas dari bahan kimia berbahaya.

Namun, menurut Chandra Irawan, staf pengajar dari Akademi Kimia Analisis Bogor, secara umum kita dapat mengenali makanan yang mengandung zat berbahaya dari bentuk fisiknya, seperti warna, tekstur, dan rasa.

Kasus Penangkaran Burung Langka Ilegal di Sukabumi, Bareskrim Sebut Dalam Proses Penyidikan

Ciri makanan berformalin

- Mi basah berformalin:

Halaman
1234
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved