Breaking News:

Libur Akhir Pekan, Wisatawan Masuk Pangandaran Tanpa Rapid Tes Antigen Diminta Putar Balik

Personel gabungan melakukan penyekatan kepada warga atau wisatawan yang akan berlibur di kawasan objek wisata

Penulis: Padna | Editor: Ichsan
tribunjabar/padna
Libur Akhir Pekan, Wisatawan Masuk Pangandaran Tanpa Rapid Tes Antigen Diminta Putar Balik 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Pangandaran, Padna

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Personel gabungan melakukan penyekatan kepada warga atau wisatawan yang akan berlibur di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran.

Penyekatan ini dilaksanakan di kawasan bunderan Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (30/1/2021).

Pada pelaksanaan penyekatan tersebut, melibatkan unsur Polsek Padaherang dan Polsek Kalipucang Polres Ciamis, unsur Koramil 1319/Kalipucang dan Sat Pol PP Kabupaten Pangandaran.

Menurut Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Kalipucang AKP. H. Jumaeli SH mengatakan, penyekatan ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Pangandaran.

"Sebab akhir pekan ini, lokasi objek wisata Pantai Pangandaran menjadi tujuan wisatawan dari luar Kabupaten Pangandaran, " ujar Jumaeli kepada wartawan seusai penyekatan, Sabtu (30/1/2021).

Hujan Deras, Tebing Setinggi 5 Meter di Cihanjuang Bandung Barat Longsor

Untuk itu, kata ia, diperlukan pengetatan khusus agar tidak menimbulkan kerumunan dan menjadi klaster penyebaran Covid-19.

"Dan Kami, melaksanakan penyekatan ini sesuai dengan instruksi Bupati No.1 Tahun 2021," ucapnya.

Ia menambahkan, tujuannya yang pasti guna mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19. Sebab itu upaya kita bersama memutur rantai penyebaran Covid-19.

Dalam teknis penyekatan tersebut, pihaknya melakukan pengecekan surat keterangan hasil rapid tes kepada para wisatawan dari dalam maupun luar Kabupaten Pangandaran.

"Hal itu dilakukan, sebagai tanda bukti tidak ada gejala terpapar Covid-19," ucapnya.

Jumaeli menegaskan, apabila tidak dapat menunjukan surat hasil rapid test, maka akan diminta untuk membalik arah atau melaksanakan tes rapid terlebih dahulu.

"Selain itu juga, Kami juga menyampaikan himbauan prokes Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas, dan menghindari kerumunan atau biasa disebut 5 M," kata Jumaeli.

Supaya terbiasa menaati prokes minimalnya dengan memakai masker, pihaknya juga memberikan beberapa masker gratis kepada warga dan pengunjung wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pantai Pangandaran.

Waspada Angin Kencang, Dua Rumah Warga Tertimpa Pohon, Bagian Atap Hancur

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved