Breaking News:

Bulan Purnama Sejajar Tepat di Atas Ka'bah, Akan Terlihat Sepanjang Malam hingga Matahari Terbit

Bulan purnama akan sejajar tepat di atas Ka'bah, Makkah, pada Kamis (28/1/2021) malam waktu setempat.

Fenomena alam akan terjadi pada bulan purnama pertama pada tahun 2021. Bulan purnama akan tepat berada di atas Ka'bah. 

TRIBUNJABAR.ID - Bulan purnama akan sejajar tepat di atas Ka'bah, Makkah, pada Kamis (28/1/2021) malam waktu setempat.

Fenomena tak biasa ini akan terjadi pada pukul 12.43 dini hari waktu setempat atau sekitar pukul 04.43 WIB pada Jumat (29/1/2021).

Dilansir dari Al Arabiya, saat itu masyarakat Makkah dan sekitarnya akan dapat melihat bulan purnama yang muncul secara vertikal di atas Masjidil Haram dengan mata telanjang.

"Bulan akan terbit dari ufuk utara atau timur laut dan terbenam di ufuk utara atau barat laut," kata Majed Abu Zahira, presiden Asosiasi Astronomi Jeddah. 

Abu Zaira menambahkan, hal itu akan mensimulasikan jalur tinggi matahari musim panas setelah enam bulan melintasi langit malam.

"Tetapi di utara Lingkaran Arktik, bulan tetap 24 jam di atas cakrawala, seperti matahari tengah malam di musim panas," imbuh Abu Zahira. 

Cerita Pilot Hilangkan Gengsi Jadi Pengaduk Semen karena Corona: Saya Ditakdirkan Berada di Sini

Selain Bupati, Kapolres dan Ketua DPRD Kuningan Gagal Ikut Penyuntikan Vaksin Sinocav Perdana

Menurutnya, bulan purnama akan berada pada ketinggian 89,57,46 derajat dan piringannya diterangi sepenuhnya sebesar 99,9 persen pada jarak 381.125 kilometer dari Bbmi.

"Bulan akan tetap terlihat di langit selama sisa malam sampai terbenam dengan terbitnya matahari pada Jumat," tambah Abu Zahira.

Bulan purnama pertama di tahun 2021 akan terbit tanggal 28 Januari atau 15 Jumadil Akhir malam nanti, menerangi langit Makkah Arab Saudi, dimana bulan purnama akan tegak lurus diatas Kaabah lepas tengah malam sesudahnya, demikian dilansir Al-Arabiya hari Minggu, (24/01/2021) (Sumber: timeanddate.com)

Sementara itu, laporan Middle East Monitor menyebutkan, bulan purnama muncul tepat di atas Masjidil Haram sekali setiap tahun.

Saat fenomena itu terjadi, masyarakat Mekkah dapat melihat bulan purnama di depan konstelasi bintang kembar.

Halaman
1234
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved