Breaking News:

Virus Corona di Jabar

Rumah Sakit di Bandung Kewalahan Rawat Pasian Covid-19, Bed di RSHS Hampir Penuh 100 Persen

Tempat perawatan di RSHS untuk pasien Covid-19 hampir penuh 100 persen, melebihi rasio standar WHO, mestinya 60 persen.

Istimewa
ILUSTRASI --- Tempat perawatan di RSHS untuk pasien Covid-19 hampir penuh 100 persen, melebihi rasio standar WHO, mestinya 60 persen. 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Terus meningkatnya kasus positif Covid-19, membuat fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Bandung mulai kewalahan dan ketersediaan daya tampung ruang perawatan kian menipis. 

Kondisi ini pun dialami oleh Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung yang menjadi rumah sakit Covid-19 rujukan nasional, dimana tingkat keterisian tempat tidur di ruang Intensif Care Unit (ICU) khusus pasien covid-19 telah mencapai 92,85 persen.

Jumlah tersebut telah melebihi ambang batas Bed Occupancy Rate (BOR) atau rasio keterisian tempat tidur yang ditetapkan oleh WHO di angka 60 persen.

Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS Bandung, Muhammad Kamaruzzaman membenarkan hal tersebut.

Baca juga: Raffi Ahmad, BCL sampai dr Tirta Jadi Tokoh Pertama Vaksinasi Covid-19, Kemenkes: Bukan Rilis Resmi

Baca juga: Bapak Superbejat - Gauli Anak Kandung Sampai 2 Kali Melahirkan, Masih Incar Anak yang Juga Cucunya

Baca juga: Tak Langsung Cinta, Rizky Billar Justru Goda Lesti Kejora yang Ditinggal Nikah, Lalu Dibalas Begini

Namun, meskipun keterisian ICU dalam kondisi yang hampir mendekati penuh, pihaknya tetap memaksimalkan pelayanan di ruang perawatan. Hal tersebut, disebutkan, karena BOR ruang perawatan masih di bawah 70 persen yaitu 67,92 persen.

"Ruang pasien untuk pasien covid-19 kami bagi menjadi dua yaitu, ICU untuk pasien berstatus sakit berat, dan ruang perawatan untuk pasien berstatus sakit sedang. Kalau melihat data, tingkat keterisian BOR di ruang perawatan ini memang lebih rendah di bandingkan tingkat hunian lainnya, karena kami sudah lakukan penambahan kapasitas dengan mengalihkan fungsi di Kemuning 4 menjadi 40 tempat tidur," ujarnya melalui tayangan video rekaman kepada awak media, Sabtu (9/1/2021).

Kamaruzzaman menuturkan, selama pandemi Covid-19 ini tingkat keterisian ruang ICU RSHS selalu di atas 90 persen. Pasalnya RSHS menjadi salah satu Rumah Sakit rujukan pasien Covid-19. Selain itu, menurutnya 

"ICU tidak pernah kurang dari 90 persen artinya selalu padat. Hal ini karena ruang ICU kita pakai sarana prasarana lengkap sehingga rujukan dari rumah sakit lain pasti ke sini," ucapnya.

Kamaruzzaman pun menambahkan, RSHS Bandung akan menambah tempat tidur pasien Covid-19 pada Februari 2021. Hal itu sesuai dengan intruksi Kementerian Kesehatan.

Halaman
123
Penulis: Cipta Permana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved