Virus Corona di Jabar

Jabar Dapat Jatah 38 Ribu Vaksin Covid-19 untuk Tahap I, BELUM BOLEH Disuntikkan

“Vaksin tahap pertama kurang lebih 38 ribu dosis untuk tenaga kesehatan,” kata Daud saat dihubungi melakui telepon, kemarin.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Ravianto
Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menggelar simulasi pertama penyuntikan vaksin Covid-19 di halaman Puskesmas Balai Kota, Rabu (23/12/2020). Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Jabar, Daud Achmad mengatakan dari 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 yang didistribusikan pemerintah pusat, Jabar mendapat alokasi sebanyak 97.080 vaksin. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum akan menjadi orang pertama dari lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat  yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama.

Vaksinasi tahap pertama di Jabar rencananya akan dimulai pada bulan ini hingga paling tidak bulan April nanti.

"Sesuai arahan Pak Gubernur, saya harus menjadi orang yang pertama di Jawa Barat yang menjalani penyuntikan vaksin Covid-19," ujar Uu kepada Tribun saat dihubungi melalui telepon, Senin (4/1).

Uu juga mengaku sudah siap divaksin.

"Tinggal tunggu waktunya kapan sesuai arahan Satuan Tugas Covid-19 Jawa Barat," ujarnya.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Jabar, Daud Achmad, vaksin Covid-19 Sinovac yang dipergunakan pada vaksinasi tahap pertama di Jabar akan diterima Dinas Kesehatan Jabar, Selasa (5/1).

“Vaksin tahap pertama kurang lebih 38 ribu dosis untuk tenaga kesehatan,” kata Daud saat dihubungi melakui telepon, kemarin.

Daud mengatakan dari 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 yang didistribusikan pemerintah pusat, Jabar mendapat alokasi sebanyak 97.080 vaksin.

Tahap I 38.400 dosis, sementara untuk tahap II sebanyak 58.680 dosis.

"Untuk Tahap II, tanggal pengirimannya masih dalam konfirmasi,” ujarnya.

Daud mengatakan dari Dinas Kesehatan Jabar, vaksin ini akan kembali disalurkan ke dinkes kabupaten dan kota yang selanjutnya akan diberikan pada sejumlah fasilitas layanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit.

“Kita di Satgas kan ada divisi logistik. Kami siapkan gudang penyimpanan dan membantu dinkes persiapan distribusi ke kabupaten dan kota,” ujarnya. “Peran Satgas hanya membantu karena distribusi vaksin yang membagikan Kemenkes RI.”

Dua Vaksin

Ditemui di Gedung Sate, kemarin, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan sekitar 1.000 puskesmas dan 90-an rumah sakit daerah dan swasta di Jabar telah siap memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved