Breaking News:

Mulai Hari Ini Truk Harus Keluar Tol di Bekasi dan Karawang, Baru Boleh Masuk Lagi di GT Palimanan 3

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, menyampaikan, hal itu sesuai ketetapan dari Kemenhub RI.

Tribuncirebon.com/ Ahmad Imam Baehaqi
Sejumlah kendaraan melintas di GT Palimanan Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Selasa (27/10/2020) malam. Kendaraan berat harus keluar dari Tol Jakarta-Cikampek dan baru boleh masuk tol lagi di GT Palimanan 3 mulai Rabu (23/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Jajaran Polresta Cirebon memberlakukan pengalihan arus kendaraan besar seperti bus dan truk dari jalur tol ke jalur arteri.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, menyampaikan, hal itu sesuai ketetapan dari Kemenhub RI.

Menurut dia, pengalihan arus kendaraan besar tersebut berlangsung sejak Rabu (23/12/2020) pukul 00.00 WIB.

"Dari wilayah Cikopo, Cikarang, dan Bekasi, kendaraan besar sudah dialihkan ke jalur arteri," kata M Syahduddi saat ditemui di Pos Terpadu GT Palimanan Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Rabu (23/12/2020).

Ia mengatakan, pengalihan arus itu berlaku bagi kendaraan besar angkutan barang sumbu tiga ke atas, angkutan barang dengan kereta tempelan dan gandengan, serta angkutan barang yang mengangkut bahan galian atau tambang.

Nantinya, kendaraan jenis tersebut yang melintas dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah diperkenankan memasuki jalur tol kembali melalui GT Palimanan 3.

Pihaknya juga telah menyiagakan personel gabungan di sepanjang jalur arteri wilayah Kabupaten Cirebon.

Para petugas disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas imbas dari pengalihan arus kendaraan besar ke jalur arteri.

"Sampai saat ini situasi masih normal dan lancar. Petugas gabungan juga sudah disiagakan di jalur-jalur yang dilalui kendaraan besar itu," ujar M Syahduddi.

Ia menyampaikan, pengalihan arus kendaraan besar itu untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik libur Hari Raya Natal 2020.

Skema serupa juga akan diterapkan saat arus baliknya, kendaraan besar dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta akan dikeluarkan melalui GT Palimanan 4.

Selanjutnya kendaraan besar diperkenankan memasuki jalur tol kembali di GT Cikarang Barat untuk meneruskan perjalanannya ke kota tujuan masing-masing.

Bahkan, kebijakan itupun diberlakukan saat arus mudik Tahun Baru 2021, tepatnya mulai 30 Desember 2020 pukul 00.00 WIB hingga 31 Desember 2020 pukul 24.00 WIB.

"Saat arus balik Tahun Baru 2021 kebijakan ini diberlakukan mulai 2 Januari 2021 pukul 00.00 WIB sampai dengan 4 Januari pukul 24.00 WIB," kata M Syahduddi.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved