Hati-hati, Penularan Virus Corona dari Orang Tanpa Gejala, Begini Cara Pencegahannya

OTG diartikan sebagai orang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tapi memiliki kontak erat

Editor: Siti Fatimah
istimewa
ilustrasi pasien sedang dirawat 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Istilah OTG muncul setelah adanya kasus orang terpapar Covid-19 namun tidak menunjukan gejala atau tak bergejala.

Bila pasien Covid-19 ada yang menunjukkan gejala demam, batuk, flu atau penciuman berkurang tentu mudah untuk diketahui.

Namun bila seseorang sudah terpapar Covid-19 tapi tak menunjukkan gejala tentu orang-orang terdekat akan sulit membedakan apakah dia sudah terpapar atau belum.

Karena itu, berikut cara mencegah penularan dari OTG.

Baca juga: Ada 24 Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Majalengka di Tengah Penerapan PSBM

Dikutip dari Kontan.Id, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengumumkan bahwa dirinya positif terpapar Covid-19 meskipun diakui tanpa gejala atau OTG. Ia diketahui terinfeksi virus corona setelah menjalani test swab pada Senin, (7/12/2020). 

Sebelumnya, istri Sandiaga Uno, Nur Asia Uno, juga terinfeksi virus corona dengan tanpa gejala. Kini, Uno dan istrinya menjalani isolasi mandiri di kediaman mereka. 

Apa itu OTG? 
 

Dalam Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang dikeluarkan pada pada 27 Maret 2020, OTG diartikan sebagai mereka yang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 (kasus) tapi memiliki kontak erat. 

Sementara itu kontak erat adalah seseorang yang melakukan kontak fisik atau berada dalam ruangan/berkunjung, dalam radius 1 meter dengan PDP atau kasus konfirmasi Covid-19

Kemudian dalam Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), istilah OTG diubah menjadi menjadi kasus konfirmasi tanpa gejala (asimptomatik). 

Baca juga: Tenaga Kesehatan di Kuningan Mendapat Pelatihan Vaksinasi Covid-19

Mewaspadai OTG 
 

Selama tidak dilakukan tes swab atau PCR, kita belum akan mengetahui apakah seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak. Terlebih pada seseorang yang tidak mengembangkan gejala. 

Sehingga sangat disarankan untuk selalu memakai masker dan menjaga jarak agar dapat menghindari penularan, terutama dari OTG.  

Dr Anthony Fauci, pakar penyakit menular AS pun mengatakan bahwa paparan virus corona yang tanpa gejala dialami oleh 25-45 persen kasus.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved