Breaking News:

Mudik ke Solo di Libur Panjang Akhir Tahun, Benteng Vastenburg Sudah Disiapkan untuk Menampung

Pemudik yang nekat pulang ke Solo pada libur panjang akhir tahun 2020 harus siap-siap dikarantina. Tempatnya di Benteng Vastenburg.

Kompas.com
Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah, akan dijadikan rumah karantina bagi pemudik yang nekat pulang pada libur panjang akhir tahun 2020, Senin (30/11/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, SOLO - Pemudik yang nekat pulang ke Solo pada libur panjang akhir tahun 2020 harus siap-siap dikarantina. Tempatnya di Benteng Vastenburg.

Benteng itu akan dijadikan sebagai rumah karantina bagi pemudik.

Libur panjang akhir tahun dijadwalkan akan dimulai pada 24 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan, pemilihan Benteng Vastenburg sebagai rumah karantina karena Graha Wisata Niaga dan Ndalem Joyokusuman yang dulu pernah menjadi rumah karantina sekarang digunakan sebagai asrama Brimob.

"Nanti kalau Natal, libur panjang ini pemkot tidak bisa menyediakan rumah karantina semewah kemarin. Karena Graha Wisata dipakai asrama Brimob. Di Ndalem Joyokusuman juga dipakai, nanti dengan sangat terpaksa ya kalau ada yang mudik kita buatkan tenda di Benteng Vastenburg sana," kata Rudy di Solo, Jawa Tengah, Senin (30/11/2020).

Baca juga: Mendikbud Nadiem Makarim Membuat Pengakuan tentang Pembelajaran Jarak Jauh, Ini Katanya

Baca juga: Yang Lain Jangan Ngiri, Video Viral Pria Gondrong Nikahi Dua Wanita Langsung, Ini Faktanya

Rudy mengimbau kepada warga Solo yang ada di perantauan supaya tidak mudik sampai Covid-19 bisa dikendalikan dan menunggu vaksin.

Jika memang ada pemudik yang nekat pulang ke Solo saat libur panjang, Rudy mengatakan, mereka wajib melaksanakan karantina selama dua pekan atau 14 hari di Benteng Vastenburg.

"Satu-satunya jalan di sana. Nanti kita koordinasi dengan Muspida pinjam tendanya TNI itu dipasang di sana. Karena kita tidak punya tempat yang besar," kata dia.

Pihaknya juga akan mengoptimalkan keberadaan relawan Jogo Tonggo yang ada di setiap kelurahan untuk mengawasi setiap pendatang dari luar kota masuk ke Solo.

Dia meminta setiap ada pendatang dari luar masuk ke Solo relawan Jogo Tonggo wajib melaporkan kepada posko Satgas Penanganan Covid-19.

"Posko ini segera saya dirikan. Nanti kalau ada pendatang dari luar kota kita jemput dibawa ke tenda karantina," kata Rudy. (*)

Baca juga: Telinganya Pernah Digigit, Petinju Ini Siap Ladeni Mike Tyson yang Ketagihan Naik Ring Lagi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nekat Mudik ke Solo Saat Libur Panjang, Siap-siap Dikarantina 14 Hari di Benteng Vastenburg"

Editor: Giri
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved