Breaking News:

Hari Pertama Arus Balik Libur Panjang, 160.204 Kendaraan Masuk Jakarta Lagi

Pada hari pertama arus balik libur cuti bersama tercatat ada 160.204 kendaraan menuju Jakarta.

ahmad imam baehaqi/tribun jabar
Sejumlah petugas saat mengarahkan kendaraan besar keluar dari GT Palimanan 4 Tol Palikanci, Kabupaten Cirebon, Sabtu (31/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pada hari pertama arus balik libur cuti bersama tercatat ada 160.204 kendaraan menuju Jakarta.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan, angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) pada Sabtu 31 Oktober 2020 dari beberapa gerbang tol (GT) utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah timur), GT Cikupa (arah barat) dan GT Ciawi (arah selatan).

"Total volume lalin yang menuju Jakarta ini naik 36,8 persen jika dibandingkan lalin new normal," ujar Dwimawan dalam keterangannya, Minggu (1/11/2020).

Dikatakan Dwimawan, untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 53,2 persen dari arah timur, 25,4 persen dari arah barat, dan 21,4 persen dari arah selatan.

Adapun perincian total lalu lintas kendaraan di jalan tol dari arah timur melalui GT Cikampek Utama 2 dan GT Kalihurip Utama 2 berjumlah 85.187 kendaraan, naik sebesar 57,1 persen dari hari biasanya di masa normal baru.

Kemudian untuk dari arah barat melalui GT Cikupa (Jalan Tol Tangerang-Merak), ada sebanyak 40.654 kendaraan, naik sebesar 13,7 persen dari hari biasanya di masa normal baru.

Baca juga: Pemiliknya Sudah Kabur Duluan, Polsek Indihiang Polresta Tasikmalaya Menyita Ratusan Liter Tuak

Baca juga: Bukan Kebutuhan Mendesak, Perubahan Nama Perovinsi Jabar Jadi Sunda Tergantung Kajian Akademis

Sementara itu, untuk dari arah selatan yang melalui GT Ciawi (Tol Jagorawi) ada sebanyak 34.363 kendaraan, naik sebesar 26,9 persen dari hari biasanya di masa normal baru.

la mengimbau kepada pengendara pengguna jalan tol agar mempersiapkan kendaraannya seoptimal mungkin dalam keadaan prima untuk menghindari gangguan lalu lintas.

Selain itu, ia juga meminta pengendara dan penumpang agar mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini dengan menerapkan 3T 1M, khususnya di tempat istirahat (rest area).

"Isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara," kata Dwimawan. (*)

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved