Breaking News:

Penanganan Virus Corona

Antisipasi Penularan Covid-19 saat Libur Panjang, Test Massal Digelar di Sejumlah Titik Wisata Jabar

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan 26.700 alat rapid test antibodi untuk wisatawan yang datang ke Jabar

ISTIMEWA
Ilustrasi Rapid Test 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik, mengatakan dinasnya terus memantai sejumlah destinasi wisata di Jabar. Tujuannya memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 saat libur panjang.

Pengecekan sudah dilakukan dalam beberapa hari terakhir ke wilayah Sukabumi hingga Pangandaran. Pihaknya mendatangi hotel, restoran, dan tempat wisata, termasuk area publik yang tidak berbayar.

Sebelum melakukan pengecekan langsung, Dedi dan beberapa kepala dinas di tingkat kabupaten dan kota serta elemen terkait termasuk divisi penanganan kesehatan rutin melakukan rapat persiapan menghadapi libur panjang di tengah pandemi.

Baca juga: de Braga by ARTOTEL Tawarkan Alternatif Menginap dengan Berbagai Bonus dan Promo

Hasilnya, ia memastikan protokol kesehatan sudah banyak diterapkan oleh pelaku industri pariwisata dan pengelola wisata alam. Dari mulai pengecekan suhu tubuh, pembatasan kapasitas pengunjung, hingga pembenahan infrastruktur pendukung.

“Kami monitor sekaligus melihat kesiapan ke tempat destinasi wisata dari wilayah Barat hingga Timur (Jawa Barat) sampai Pangandaran. Di public space kami sudah bagikan masker dan edukasi,” kata Dedi saat dihubungi, Kamis (29/10).

Tempat cuci tangan di destinasi wisata alam, hotel dan restoran, katanya, sudah siap. Penggunaan masker dan pesan tempat secara online juga sudah berlaku.

Antisipasi lainnya adalah menyiapkan alat pengetesan secara acak sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pemeriksaan tersebut dilakukan secara masif pada Kamis (29/10), seiring dengan prediksi peningkatan kunjungan hingga akhir pekan. Meski demikian, di beberapa daerah, seperti Kabupaten Bandung sudah memulai rapid tes.

Baca juga: Tanah Longsor di Ngamprah KBB Mengancam Tol Cipularang KM 116, Jaraknya hanya 25 Meter

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan 26.700 alat rapid test antibodi untuk wisatawan yang datang ke Jabar. Ada 54 titik untuk pemeriksaan rapid test bagi wisatawan secara acak. Petugas di lapangan tak hanya dibekali oleh rapid test, tetapi juga 14.400 VTM dan 1.935 hazmat bagi petugas pemeriksa.

“Rapid test screening awal untuk nanti ditindaklanjuti swab tes. ini dilakukan secara acak. Ini penting sebagai bagiana dari screening agar tidak ada peningkatan kasus Covid-19 setelah libur panjang. Ini pun agar wisatawan bisa merasa aman dan tenang,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved