Breaking News:

Penanganan Virus Corona

Ada Apa?, Jelang Libur Panjang, Mendagri Keluarkan Surat Edaran dan Kasih Pesan untuk Kepala Dearah

Mendagri Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran (SE) Tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020.

Editor: Siti Fatimah
Kompas.com
Tito Karnavian 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Libur panjang akhir Oktober hanya tinggal hitungan hari, pemerintah terus gencar mengingatkan masyarakat agar tetap di rumah saja.

Bila ingin bepergian, masyarakat diminta harus disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan atau penyebaran Covid-19.

Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri juga sudah menerbitkan surat edaran terkait libur panjang dan menyelipkan pesan untuk semua kepala daerah di Indonesia.

Baca juga: Enam Kawasan Wisata di Daerah Ini Akan dijaga Ketat Saat Libur Panjang Akhir Oktober

Dikutip dari Kontan.Id, Pemerintah memutuskan untuk tidak membatalkan cuti bersama yang akan berlangsung pada akhir Oktober mendatang.

Berkaitan dengan hal tersebut, muncul kekhawatiran peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia saat libur panjang nanti. 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran (SE) NOMOR 440/5876/SJ Tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020.

SE ini diterbitkan dalam rangka pelaksanaan hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW tanggal 29 Oktober 2020 dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW tanggal 28 dan 30 Oktober 2020. 

"Sehubungan dengan hal tersebut, agar Gubernur, Bupati/Wali Kota untuk mengambil sejumlah langkah," ujar Tito sebagaimana dikutip dari lembaran SE yang diterima Kompas.com, Kamis (22/10/2020). 

Baca juga: Catat, Bagi yang Ingin Keluar Kota Saat Libur Cuti Bersama, Ini Prediksi Puncak Arus Mudik

Dalam SE yang ditandatangani pada 21 Oktober 2020 itu, ada 11 poin yang ditekankan oleh Mendagri.

1. Mengimbau masyarakat selama melaksanakan libur dan cuti bersama agar sedapat mungkin menghindari melakukan perjalanan dan tetap berkumpul bersama keluarga.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved