Breaking News:

Disdagin Bandung Gelar Berbagai Program untuk Tingkatkan Nilai Ekspor, Segini Nilainya Sekarang

Disdagin Kota Bandung di masa pandemi Covid-19 ini merancang sejumlah program untuk meningkatkan potensi ekspor Kota Bandung.

Tribun Jabar/Isal Mawardi
Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung di masa pandemi Covid-19 ini merancang sejumlah program untuk meningkatkan potensi ekspor Kota Bandung.

Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah, mengatakan, program yang dilakukan untuk meningkatkan ekspor di antaranya menggelar mentoring go export, business matching, designer dispatch service (DDS), rebranding, mengirimkan produk mengikuti pameran Hendarty di Korea, Pasar Kreatif Bandung, promosi dengan mengirimkan produk kedelapan kota yang merupakan Syster City Pemkot Bandung.

Satu di antara program yang cukup berhasil yaitu Mentoring Go Export.

Menurut Elly pogram digelar Agustus sampai September 2020, sebanyak tujuh kali pertemuan yang diikuti 85 pelaku usaha Kota Bandung, dibagi dalam dua sesi.

"Selama kurun waktu tersebut, pelaku usaha Kota Bandung telah melaksanakan tiga kali penandatanganan kontrak melalui business matching secara virtual, yakni dengan pasar Australia, Afrika Barat, dan juga New Zealand," ujar Elly di Balai Kota, Sabtu (17/10/2020).

Baca juga: Daftar Harga Hape Oppo Terbaru Oktober, Mulai dari Sejutaan hingga Rp 18 Juta

Elly mengatakan melalui seorang mentor acara sekaligus coach program UKMHub.id, Eriklex Donald Sahusilawane berhasil menjembatani pelaku usaha yang produknya akan dipasarkan di Afrika Barat, Australia dan New Zealand.

Di acara tersebut pun sudah ditandatangani MoU untuk ekspor ke Australia dan Afrika Barat.

MoU dengan Australia menghasilkan kontrak dengan total nilai US$ 24,079 yang dihasilkan dari produk brownies & pastries dari CV Amanda, minuman jahe dari Hisohi Indonesia dan sumpia kering dari Sumpiker Mankdut.

Ekspor ke Afrika Barat nilai ekspornya US$ 29,920 yang dihasilkan dari produk PT Emjie Busana Cemerlang, CV Zanada Coorporation, KAYN, Ala Noor, dan Doctill Leather Care.

Halaman
12
Penulis: Tiah SM
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved