Anda Sudah Ngopi Hari Ini? Hari Ini Adalah Hari Kopi Internasional, Ini Sejarah Kopi

Kopi diminum saat sarapan untuk memulai hari. Pada pertengahan abad ke-17, ada lebih dari 300 kedai kopi di London

Dokumentasi Tribun Jabar
Mbah Tjutju petani kopi di Desa Cupunagara hendak memetik biji kopi yang telah matang 

TRIBUNJABAR.ID -  Sudahkan Anda ngopi hari ini? Kopi bisa membangkitkan mood Anda. Jika Anda penggemar kopi, hari ini, 1 Oktober adalah Hari Kopi Sedunia. Hari Kopi pertama kali diperingati pada tanggal 1 Oktober 2015 oleh Organisasi Kopi Internasional di Milan, Italia.

Pada Hari Kopi, biasanya organisasi kopi internasional berkampanye tentang perdagangan kopi yang adil serta kesejahteraan para petani kopi.

Mengulik lebih jauh tentang kopi terdapat sejumlah kisah tentang asalnya. Tidak diketahui persis bagaimana atau kapan kopi ditemukan. Meski begitu, konon kopi pertama berasal dari Ethiopia, Afrika.

Kopi ditemukan penggembala kambing Ethiopia yang didapat dari hutan kopi kuno di dataran tinggi Ethiopia, sejak berabad-abad lalu.

Makin Luas, Warung Kopi Manis Cirebon Kini Bisa Menampung Pengunjung Lebih Banyak

Konon penggembala kambing bernama Kaldi, pertama kali menemukan buah kopi saat sedang menggembala kambing. Kaldi menemukan kopi setelah dia memperhatikan bahwa setelah memakan buah beri dari pohon tertentu, kambingnya menjadi sangat energik.

Kagum dengan penemuan ini, Kaldi mengantongi buah itu dan bergegas pulang untuk memberi tahu istrinya. Istrinya pun takjub dan menyebut temuan buah kopi itu sebagai "surga yang dikirim,".

Istri Kaldi menyarankan untuk berbagi buah beri dengan para biarawan. Kaldi pun memberikan buah itu kepada biarawan setempat. Dari biarawan itu akhirnya kopi dikenal orang setempat.

Namun melansir NCA USA, kisah itu tidak muncul secara tertulis. Jadi sulit untuk mengetahui kebenaran kisah itu. Meski demikian, orang-orang percaya bahwa kebenaran dari cerita itu adalah penanaman kopi dimulai di Ethiopia.

Bayi Berusia 14 Bulan ini Biasa Menghabiskan 5 Gelas Kopi Tubruk Setiap Hari, Berikut Ceritanya

Ada juga kisah kopi yang datang dari Yaman. Legenda dari Yaman menceritakan, dahulu mistikus sufi Yaman, Ghothul Akbar Nooruddin Abu al-Hasan al-Shadhili sedang melakukan perjalanan melalui Ethiopia.

Dia bertemu dengan beberapa burung yang sangat energik. Burung tersebut memakan buah tanaman kelinci (dikenal di tempat lain sebagai tanaman kopi).

Lelah dari perjalanannya, dia memutuskan untuk mencoba buah beri ini untuk dirinya sendiri. Dia menemukan bahwa buah beri ini membuatnya lebih energik.

Meskipun ada beragam catatan sejarah kopi dari abad ke-9 dan sebelumnya, bukti paling awal yang dipercaya bahwa kopi berasal dari Ethiopia. Kopi sampai ke Yaman karena diimpor ke negara ini. Namun, ketika berbicara tentang kopi dan negara Arab maka di situlah kopi mulai dikenal.

Aneka varian kopi dan minuman lainnya yang tersedia di OMG Coffee. Di antaranya Sprinkle Coffee, Latte, Cream Cheese Coffee  Kitkit Orange, dan Strawberry Bombm
Aneka varian kopi dan minuman lainnya yang tersedia di OMG Coffee. Di antaranya Sprinkle Coffee, Latte, Cream Cheese Coffee Kitkit Orange, dan Strawberry Bombm (tribunjabar/fasko dehotman)

Budidaya dan perdagangan kopi Budidaya dan perdagangan kopi dimulai di Semenanjung Arab. Pada abad ke-15, kopi ditanam di distrik Yaman. Lalu pada abad ke-16 dikenal di Persia, Mesir, Suriah, dan Turki.

Kopi tidak hanya dinikmati di rumah, tetapi juga di kedai kopi umum. Kedai tersebut berada di kota-kota di Timur Dekat atau Asia Barat Daya. Popularitas kedai kopi mengundang orang sering berkunjung untuk segala jenis kegiatan sosial.

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved