Breaking News:

Virus Corona di Jabar

Nol Positif Covid-19 Sumedang Jadi Zona Hijau? Ini Kata Bupati

Sumedang kini nol kasus positif Covid-19. Apakah kini Sumedang jadi zona hijau?

TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, saat simulasi AKB di tempat ibadah, Senin (1/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Wilayah Kabupaten Sumedang ternyata tidak langsung masuk zona hijau meskipun sudah dinyatakan nol kasus positif Covid-19 setelah dua orang pasien positif yang terakhir dikonfirmasi sembuh, pada Sabtu (1/8/2020).

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, terkait masuknya Kabupaten Sumedang ke zona hijau itu pihaknya masih harus melakukan kajian epidemiologi meskipun saat ini sudah dinyatakan nol kasus positif Covid-19.

"Apakah kita masuk zona hijau atau tidak, tentunya kita akan melakukan evaluasi berkaitan dengan indikator masuk zona yang mana," ujarnya saat ditemui di Masjid Agung Sumedang.

Dony mengatakan, terkait penentuan zona setelah nol kasus positif Covid-19 ini, akan dinilai dan ditentukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, dan Gugus Tugas Pemerintah Pusat.

"Mudah-mudahan harapan saya, Sumedang bisa masuk resiko rendah atau zona hijau, tapi ini harus dikaji secara ilmiah terlebih dahulu dengan berbagai indikatornya," kata Dony.

Menurutnya, indikator penentuan zona hijau ini tidak hanya ditentukan dari jumlah kasus positif Covid-19 saja, tapi dilihat juga dari sisi jumlah kematian, tingkat sebaran hingga kondisi geografis.

"Itu akan dinilai (geografis) karena Sumedang dekat dengan Kota Bandung yang masih ada (kasus positif)," ucapnya.

Namun, kata Dony, seharusnya Kabupaten Sumedang bisa masuk zona hijau setelah dinyatakan nol kasus positif Covid-19 tersebut.

"Makanya kami akan kaji untuk menentukan zona, kalau nol kasus harusnya masuk zona hijau, tapi kami akan melakukan kajian secara epidemiologi," ucapnya.

Terpeleset dari Atas Perahu, Abdul Terjatuh dan Tenggelam di Waduk Jatiluhur, Masih Belum Ditemukan

BPBD Pastikan Tak Ada Kerusakan Akibat Gempa Bumi Tadi Malam, Pusatnya Ada di Sawah di Desa Lelea

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved