Breaking News:

Soal Sponsor Penyalur Tenaga Kerja ke Luar Negeri, SBMI Indramayu Minta Ditiadakan

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu mendukung pernyataan Kepala Badan

Soal Sponsor Penyalur Tenaga Kerja ke Luar Negeri, SBMI Indramayu Minta Ditiadakan
tribunjabar/handika rahman
Ketua SBMI Cabang Indramayu, Juwarih 2

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu mendukung pernyataan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani terkait sponsor atau calo.

Ketua SBMI Cabang Indramayu, Juwarih mengatakan, praktik sponsor atau calo dalam rekrutment calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebaiknya ditiadakan.

"Pada intinya kami mendukung apa yang dikatakan Pak Benny, kalau bisa kita sepakat sponsor itu sebaiknya ditiadakan," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Kamis (2/7/2020).

Sebagai gantinya, orang-orang yang sekarang ini bergelut sebagai sponsor atau calo itu seharusnya mengikuti prosedural bekerja pada umumnya.

Pemkab Cirebon Bakal Pindahkan Posko dan Lokasi Tes Covid-19, Rencananya ke Dua Lokasi Ini

Atau dengan kata lain, sponsor harus menjadi karyawan tetap dari suatu Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) atau yang sekarang disebut Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI).

Sehingga, bilamana ia melakukan pelanggaran, pihaknya atau pemerintah bisa memberikan sanksi yang jelas terhadap perusahaan yang menyalurkan.

Hal ini disampaikan Juwarih sebagai solusi terhadap banyaknya kasus-kasus yang menimpa para PMI akibat praktik yang dilakukan oleh sponsor tersebut.

Menurutnya, sponsor ini sifatnya lebih mengedepankan kepentingan bisnis dibanding rasa kemanusiaan.

Karena tidak terikat, sponsor biasanya menyalurkan calon PMI kepada perusahaan manapun yang bersedia membayar intensif lebih besar, termasuk perusahaan ilegal yang tidak memiliki badan hukum.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved