Pemerintah Kota Cimahi Kembali Mendapat Opini WTP, yang Ketujuh dari BPK

Sejak tahun 2013, Pemerintah Kota Cimahi secara konsisten meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

ISTIMEWA
Wali Kota Cimahi (kanan) dan Ketua DPRD Cimahi memperlihatkan LPH atas laporan keuangan 2019. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Sejak tahun 2013, Pemerintah Kota Cimahi secara konsisten meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Maka, capaian tahun ini merupakan yang ketujuhkalinya diterima oleh Pemerintah Kota Cimahi atas penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan tahun 2019.

"Penyerahan dilakukan secara virtual sesuai dengan mekanisme penyelesaian tugas kedinasan dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Perolehan ini menjadi yang ketujuh kalinya secara berturut-turut. Sebelumnya, kami juga berhasil mendapat predikat WTP pada 2013-2018," kata Ajay M Priatna, Wali Kota Cimahi.

Ajay mengatakan, perolehan opini WTP itu merupakan hasil kerja keras semua pihak.

Mulai jajaran pemerintahan di tingkat bawah hingga kepala organisasi perangkat daerah (OPD) maupun unsur DPRD Kota Cimahi.

"Ini juga menunjukkan bahwa sistem pengelolaan keuangan pemerintah setempat berjalan dalam koridor yang benar. Saya berharap, dengan opini WTP, pemerintah daerah semakin terpacu untuk bekerja lebih baik dan memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat Kota Cimahi," katanya.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Arman Syifa, mengatakan, opini yang diberikan oleh pemeriksa merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran laporan keuangan.

"Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas laporan keuangan tahun 2019 termasuk implementasi rencana aksi yang telah dilakukan Pemerintah Kota Cimahi, maka BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian, " kata Arman.

Si Abah Sudah Tidak Mencret Lagi, Pihak Kebun Binatang Bandung Belum Tahu Rencana ke Depan

Penyerahan dan sambutan tersebut dilakukannya melalui sambungan virtual karena kondisi di tengah pandemi Covid-19.

Arman menambahkan, tanpa mengurangi keberhasilan yang telah dicapai Pemerintah Kota Cimahi, pihaknya masih menemukan beberapa permasalahan.

Nikita Mirzani Ancam Orang yang Merundungnya Setelah Sindir YouTuber yang Tak Laku di TV

"Meskipun hal tersebut tidak mempengaruhi kewajaran atas penyajian laporan keuangan.
Semoga opini tahun 2019 dapat dipertahankan. Kami berharap rekomendasi dalam laporan hasil pemeriksaan tersebut dapat segera ditindaklanjuti selambat-lambatnya 60 hari setelah laporan hasil pemeriksaan diterima," kata Arman.

Mantan Menpora Tegaskan Tak Terima Sepeser Uang Korupsi, Minta Ini ke Hakim

Ketua DPRD Kota Cimahi, Achmad Zulkarnaen, menyatakan, rekomendasi LHP atas laporan keuangan tahun 2019 akan segera ditindaklanjuti bersama pihak eksekutif sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Achmad berharap, melalui kerja keras, doa, dan kerja sama semua pihak, Pemerintah Kota Cimahi dapat mempertahankan dan meraih opini WTP di masa-masa yang akan datang. (*)

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved