Breaking News:

XL Axiata Hadirkan Sisternet di Forum G20, Dukung Kesetaraan Gender di Manajemen Perusahaan

XL Axiata juga menunjukkan dukungan terhadap kesetaraan gender dalam pengelolaan sumber daya manusia, termasuk di dalamnya struktur kepemimpinan perus

Dok XL Axiata
(ki-ka) Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, Kepala BROL, Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc dan Kepala Badan Riset Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Prof. Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA, dalam acara peluncuran aplikasi digital untuk nelayan “Laut Nusantara”, hasil kolaborasi antara Kementrian Kelautan dan Perikanan dengan XL Axiata di Jembrana, Bali. Kamis (30/8). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, TRIBUN - PT XL Axiata berpartisipasi dalam forum G20 Empowerment and Progression of Women’s Economic Representation (Empower) dengan membagi pengalaman dalam mengelola program-program peningkatan kompetensi khusus bagi kaum perempuan Indonesia melalui Sisternet.

XL Axiata juga menunjukkan dukungan terhadap kesetaraan gender dalam pengelolaan sumber daya manusia, termasuk di dalamnya struktur kepemimpinan perusahaan.

Direktur/Chief Information & Digital Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengatakan, XL Axiata telah menerapkan kesetaraan gender di semua posisi, perlakuan, dan akses yang sama bagi karyawan laki-laki dan perempuan pada peluang dan sumber daya perusahaan.

“Kami memberikan kesempatan yang sama untuk promosi, kenaikan gaji, dan inklusi dalam proses pengambilan keputusan. Selain itu juga pada manfaat yang setara untuk berbagai pendidikan nonformal sesuai minat karyawan. Kemudian juga untuk pengembangan diri seperti pelatihan yang terkait, pelatihan, penugasan, dan pelatihan. Salah satu buktinya adalah 28 persen perempuan menduduki posisi kepemimpinan di XL Axiata,” ucap Yessie dalam keterangannya, dalam forum tersebut belum lama ini.

Menurut Yessie, XL Axiata juga merekrut karyawan berdasarkan kebutuhan termasuk soft skill dan hard skill, tanpa mempersoalkan isu gender, juga tidak ada perlakuan khusus terkait gender. Begitu juga di dalam lingkungan perusahaan, semua karyawan memiliki kebebasan berbicara dan berpendapat yang sama antara laki-laki dan perempuan.

Sikap manajemen XL Axiata yang mendukung kesetaraan gender terlihat dalam struktur kepemimpinan perusahaan, yakni dua dari lima posisi direktur diduduki oleh perempuan, yaitu Presiden Direktur dan CEO, Dian Siswarini, dan Direktur/Chief Information & Digital Officer XL Axiata dijabat oleh Yessie.

Implementasi kesetaraan gender juga XL Axiata nyatakan dalam program dukungan terhadap peningkatan kompetensi kaum perempuan pada era digital. Sisternet menjadi salah satu program yang XL Axiata rekomendasilkan pada forum empower ini dalam hal pemberdayaan perempuan untuk menjadi lebih mandiri dan berdaya.

“Lebih dari empat tahun terakhir melalui program Sisternet, XL Axiata terus meningkatkan kualitas perempuan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan terutama menjadi pemimpin di sektor ekonomi digital,” ucap Yessie.

Para anggota forum G20 empower bertemu untuk pertama kalinya, melalui telekonferensi, Rabu (24/6) yang diikuti 19 negara dan dipimpin oleh Arab Saudi dan co-chairs dari Jepang, Italia dan Kanada, serta anggota negara-negara G20: Australia, Uni Eropa, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Inggris, Amerika Serikat, serta anggota negara tamu: Singapura, Spanyol, Swiss, Uni Emirat Arab. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved