Juni Belum Berakhir, 136 Perempuan Purwakarta Bakal Jadi Janda, Perceraian Naik, Ini Masalahnya

Juni belum berakhir tapi angka perceraian di Purwakarta sudah 136 kasus. Penyebab utama di antaranya karena masalah ekonomi.

Pixabay.com
Ilustrasi cerai menikah. Angka perceraian di Kabupaten Purwakarta selama pandemi Covid-19 mengalami peningkatan. 

Di bulan Juni angka perceraian di Pengadilan Agama Purwakarta mengalami kenaikan

Angka perceraian ini jauh lebih tinggi di bulan sebelumnya. Juni belum berakhir tapi angka perceraian sudah 136 kasus.

Artinya, di bulan ini akan ada 136 janda baru di Purwakarta.

//

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Angka perceraian di Kabupaten Purwakarta selama pandemi Covid-19 mengalami peningkatan. Hal ini diungkapkan langsung Panitera Pengadilan Agama Purwakarta, Adam Iskandar.

Menurutnya, berdasarkan catatan Pengadilan Agama Purwakarta ada 81 perkara di Mei 2020. Yang normalnya ialah 150 hingga 200 kasus per bulan.

Andhika Pratama Kagum Kesabaran Nagita Slavina Hadapi Raffi Ahmad Sebut Wanita Tersabar di Dunia

"Ya,, pada Mei itu sedikit mungkin karena adanya kesadaran warga atau memang adanya bimbingan dari tokoh masyarakat seperti kiai sehingga pada Mei itu sedikit berkurang," katanya, Selasa (16/6/2020).

Meskipun jumlah kasus di Mei 2020 sedikit, berbanding terbalik dengan kasus yang diputuskannya yakni sebanyak 117 perkara. Data untuk bulan ini, kata Adam, masih belum terkumpul lantaran masih berjalan.

"Sepanjang per hari ini saja sudah ada 136 perkara perceraian, dengan gugatan sebanyak 104 perkara dan 32 permohonan perkara. Data ini menunjukkan adanya kenaikan yang signifikan meskipun Juni belum berakhir tapi sudah ada kenaikan dari Mei," ucapnya.

Selama masa pandemi, Pengadilan Agama Purwakarta senantiasa menerapkan protokol kesehatan dari sisi pelayanan masyarakatnya, seperti jaga jarak, cuci tangan, hingga penggunaan masker.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved