Wabah Virus Corona

Main Hape di Tempat Umum Dapat Tingkatkan Risiko Penularan Virus Corona, Ini Penjelasannya

Pengguna moda transportasi umum disarankan tidak memainkan gadgetnya saat di jalan.

Ilustrasi main hape di pesawat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNJABAR.ID, BEKASI - Seiringnya berjalannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi DKI Jakarta, masyarakat mulai kembali menggunakan sarana transportasi umum untuk beraktivitas.

Salah satu yang digunakan yakni kereta api listrik (KRL) dan Moda Raya Terpadu (MRT)

Dengan diberlakukannya protokol kesehatan di dalam transportasi umum seperti kereta dan MRT, para penumpang kerap menghabiskan waktu mereka melalui gadget.

Namun, hal tersebut harus dipertimbangkan. Pengguna moda transportasi umum disarankan tidak memainkan gadgetnya saat di jalan.

edward f
Junior Doctor Network (JDN) Indonesia, dr. Edward Faisal,

Mengapa?

Junior Doctor Network (JDN) Indonesia, dr. Edward Faisal, bermain gadget diketahui dapat meningkatkan risiko penularan virus corona dan virus lainnya.

"Handphone itu kan bahannya plastik atau ada yang metal ya. Saat virus menempel di handphone kita, itu bisa bertahan sampai lima hari," kata Edward dalam siaran BNPB, Rabu (17/6/2020).

 

Bahkan, lanjut Edward, saat ada orang bicara dan di saat bersamaan, ada gawai yang diletakkan di dekatnya. Droplet dari orang yang bicara itu menambah banyak virus yang menempel.

"Jadi selain risiko untuk kita, juga untuk orang di rumah. Kalau kita sayang dengan orang di rumah, makanya jangan keluarkan handphone," lanjutnya.

Halaman
123
Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved