PSBB di Jabar Diperpanjang

PSBB Kota Bandung Diperpanjang, Pasar Baru Akan Ikuti Kebijakan Pemerintah

Kota Bandung menjadi daerah yang harus melanjutkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena masih berada dalam zona kuning.

TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA
Sejumlah warga dan pedagang kaki lima memadati kawasan Pasar Baru di Jalan Otto Iskandadinata, Kota Bandung, Rabu (20/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kota Bandung menjadi daerah yang harus melanjutkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena masih berada dalam zona kuning. Praktis, rencana membuka mal dan pusat perbelanjaan mulai Sabtu (30/5/2020), terancam batal.

Ketua Perkumpulan Pedagang Pasar Baru Trade Center (P3BC), Wawan Ridwan, mengatakan, semua pengusaha di Pasar Baru akan tunduk pada aturan yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung.

Dikatakan Wawan, P3BC sempat mengirim surat pernyataan akan membuka kembali usahanya pada 30 Mei 2020, atau bertepatan dengan berakhirnya masa penerapan PSBB Kota Bandung.

Namun, berdasarkan hasil kajian yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung masih berada dalam zona kuning dan direkomendasikan kembali memperpanjang PSBB.

"Kami akan mengikuti peraturan wali kota tersebut dan menunggu adanya kebijakan relaksasi ekonomi dalam masa PSBB yang tentu memperhatikan kepentingan pelaku usaha khususnya pedagang Pasar Baru," ujar Wawan melalui pesan elektronik, Jumat (29/5/2020).

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengumumkan 12 daerah di Jawa Barat masih harus menjalani PSBB dan 15 daerah lainnya sudah bisa menerapkan new normal atau tatanan normal baru, atau yang disepakati disebut sebagai adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Jawa Barat.

Bapenda Kabupaten Bandung Kejar Penunggak PBB Tahun Lalu, Proyeksi Tahun Ini Hanya Rp 60 M

Daerah yang masuk zona kuning atau direkomendasikan tetap melaksanakan PSBB adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi, dan Kota Depok.

Tanda Pagar BoikotTVRI Menggema di Twitter, Ada Cuitan Direktur Utama tentang Miyabi

Sisanya adalah daerah yang masuk zona biru atau dapat melaksanakan AKB, yakni Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, dan Kota Tasikmalaya.

6 Tahun yang Lalu di Musim Juara, Persib Gebuk Persegres di Jalak Harupat Makan Konate Cetak Gol

Hingga Jumat (29/5/2020), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung masih menggelar rapat di Balai Kota Bandung. Rapat mengevaluasi penerapan PSBB tahap ketiga. (*)

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved