Ketua YKKJRK: Sebaik-baiknya Manusia Adalah yang Memberi Manfaat bagi Sesama

Pandemi virus corona yang melanda hampir semua negara termasuk Indonesia membuat jiwa sosial masyarakat kian tumbuh.

TRIBUN JABAR/KEMAL SETIA PERMANA
Sejumlah anak jalanan dan warga kurang mampu memperoleh manfaat bantuan sembako dan nasi bungkus dari YKKJRK, Sabtu (23/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi virus corona yang melanda hampir semua negara termasuk Indonesia membuat jiwa sosial masyarakat kian tumbuh. Orang-orang membantu mereka yang terdampak.

Banyak cara yang dilakukan. Satu di antaranya dengan membagikan makanan dan barang yang lebih bermanfaat kepada mereka yang mengalami kesulitan ekonomi karena penghasilan berkurang akibat maraknya wabah Covid-19 ini.

Ketua Yayasan Kebhinekaan Kesatuan Jiwa Raga Kami (YKKJRK) beserta Tim Javaretro Hotel menggelar acara baksos rutin mingguan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu. Baksos ini ditujukan kepada masyarakat yang terdampak Covid -19, terutama kepada anak jalanan, anak yatim piatu, keluarga dan penyandang difabel atau keluarga kurang mampu.

"Dalam baksos kali ini paket yang dibagiakan adalah berupa sembako dan alat tulis yang terdiri atas beras, gula, sabun mandi, pasta gigi, buku tulis, serta nasi bungkus. Paket yang diberikan ini merupakan kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan masyarakat kecil saat ini," tutur Ketua YKKJRK, Petrus Adamsantosa di sela baksos, Sabtu (23/5/2020).

Adam mengatakan, dalam baksos ini terdapat tiga pembagian divisi yakni Divisi Difabel (Koordinator Restu), Devisi Anak Jalanan dan Pemulung Binaan Javaretro (Koordinator Staf Hotel Javaretro), serta Divisi Anjal Pemulung yang bersifat insidentil dipimpin Tim Garnisun Kogartap II/Bandung (Koordinator Letnan Ngadiso).

"Total paket yang di bagikan ada 250 pax sembako dan nasi bungkus yang disebar untuk area Cipedes, Permata, serta beberapa titik di Kota Bandung yang dibantu oleh rekan-rekan TNI dari Kogartap II/Bandung dan beberapa titik lainnya di Cimahi," kata Adam.

Menurut Adam, baksos yang dilakukan pihaknya bersama tim, dilakukan semata-mata atas dasar rasa keprihatinan dan kemanusiaan atas yang terjadi selama ini. Menurut Adam, sebaik- baiknya manusia adalah yang mampu memberi manfaat bagi sesama.

Ini Dia Protokol Kesehatan New Normal Saat Mal di Jabar Buka Serentak 30 Mei

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Divisi Difabel, Restu, menegaskan bahwa dia mendistribusikan sebanyak 52 paket sembako, alat tulis serta nasi bungkus di area Cimahi, khususnya di Gunungbatu, Cicendo, dan SLB Nike Ardila Riung Bandung.

"Jumlah tersebut khusus di tujukan kepada penyandang difabel yang belum tersentuh bantuan baik, dari pemerintah maupun organisasi difabel," kata Restu.

Rekor Kemenangan Beruntun Persib di Angka 7, Musim Ini Butuh Lima Lagi untuk Melewatinya

Seorang penerima manfaat bansos, Desi, mengatakan sangat bersyukur memperoleh manfaat bantuan dari Ketua YKKJRK, Petrus Adamsantosa, yang didistribusikan melalui Tim Javaretro Hotel.

New Normal di Kota Bandung, Ini Aturan yang Akan Diberlakukan di Mal

"Saya tidak menerima bantuan dari pemerintah, tidak masuk pendataan, makanya saya sangat bersyukur atas adanya bantuan dari Pak Petrus Adamsantosa, YKKJRK, dan Tim Javaretro Hotel," katanya. (*)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved