Terima Duit Rp 50 Ribu dari Sopir Truk, Polisi Ini Gajinya Ditunda dan Penempatan Khusus 21 Hari

Anggota Satlantas Polrestabes Bandung berpangkat brigadir divonis bersalah melakukan pungutan liar

Ilustrasi Pungli 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Anggota Satlantas Polrestabes Bandung berpangkat brigadir divonis bersalah melakukan pungutan liar di cek poin PSBB Gerbang Tol Pasirkoja.

"Putusan sidangnya penundaan gaji berkala satu periode dan penempatan khusus selama 21 hari," kata Wakapolrestabes Bandung AKBP Yade Setiawan Ujung via ponselnya, Jumat (22/5/2020).

Sang brigadir disangkakan melanggar Pasal 5 huruf a dan Pasla 6 huruf W PPRI Nomor 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri.

Kata Wakapolrestabes, sang brigadir ini tercatat dalam laporan LP/A-23/V/HUK.12.10/2020/Bidpropam 14 Mei 2020.

Lagi-lagi Suara Dentuman Misterius di Bandung Tadi Pagi, Ini Kemungkinannya Menurut LAPAN dan BMKG

‎"Sidang disiplin digelar pada Selasa 19 Mei di Aula Polrestabes Bandung," ujar Yade. Sidang disiplin itu dipimpin oleh Wakapolrestabes Bandung.

‎Kasus pungutan liar itu terjadi pada Kamis 14 Mei sore di area Tol Pasirkoja. Saat itu, sang brigadir dalam melaksanakan tugas cek poin PSBB, menghentikan kendaraan jenis truk dengan nomor polisi F **** WB yang bermuatan sayur.

Saat diberhentikan, anggota tersebut mengecek surat-surat kelengkapan kendaraan. Namun ternyata ditemukan pelanggaran yakni buku KIR dan STNK yang sudah lewat masa tenggang.

Kronologi Tabrakan Maut antara Mobil dengan Dua Motor di Majalengka, 1 Orang Tewas

Kemudian sopir truk berinisiatif memberikan uang Rp 50 ribu kepada JN dengan maksud agar tidak ditilang. Rupanya, pemberian uang itu diketahui oleh Propam Polda Jabar dan Polrestabes Bandung.

"Kepada yang bersangkutan langsung dilakukan pemeriksaan BAP dan sedang menjalani sidang disiplin untuk mempertanggungjawabkan perbuatan pelanggarannya," ujar dia.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved