Dalam Sehari 8.000 Lebih Kendaraan Diputar Balik di Check Point Cikarang Barat, Diduga Hendak Mudik

Dalam sehari leboh dari 8 ribu kendaraan diminta putar balik di Cikarang Barat.

lutfi ahmad mauludin/tribun jabar
Kendaraan di Exit Tol Cileunyi, Selasa (5/5/2020). Kendaraan Pelat B langsung diminta putar balik 

TRIBUNJABAR.ID, CIKARANG - Meski ada larangan mudik, masih banyak warga yang mencoba untuk mudik.

Alhasil, mereka diminta untuk putar balik oleh petugas.

Ini juga tang terjadi di cek poin Cikarang Barat.

Hari kemarin, Kamis (21/5/2020) atau H-3 Lebaran, ada 8.013 kendaraan yang diputar balik di pos check point kilometer 31 Tol Cikarang Barat.

“Dari total 8.013 kendaraan yang dialihkan tersebut, sebanyak 7.732 adalah kendaraan pribadi dan 281 merupakan kendaraan angkutan penumpang,” ujar General Manager Representatif Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Widiyatmiko Nursejati melalui keterangan tertulis, Jumat (22/5/2020), di laman Kompas.com.

 
Banyaknya kendaraan yang dikeluarkan di GT Cikarang Barat ini menimbulkan kemacetan jelang lokasi check point di Km 31 Cikarang Barat.

 
Meski demikian, ia mengklaim lonjakan kendaraan yang dikeluarkan tersebut bukan berarti mencerminkan adanya peningkatan lalu lintas yang meninggalkan Jakarta.

”Pantauan kami di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama untuk hari Kamis kemarin, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta untuk menuju Jalan Tol Trans Jawa turun sekitar 43 persen jika dibandingkan dengan Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) normal,” kata Widiyatmiko.

Pamen Asistensi Check Point Cikarang Barat Polda Metro Jaya AKBP Sutimin mengatakan, pihaknya telah mempelajari dan meningkatkan pengawasan guna mencegah warga yang nekat mudik.

Polisi banyak menjumpai modus yang dilakukan pemudik nakal, salah satunya menggunakan trayek gelap.

"Kalau kendaraan travel yang kami tindak ada kategorinya. Pelat kuning yang memiliki trayek, tapi tidak sesuai, kami suruh putar balik. Yang tidak memiliki trayek, kami tilang dan dalami lebih lanjut di Polda Metro Jaya, misalnya kendaraan pelat hitam yang digunakan untuk mengangkut pemudik," ucap Sutimin.

Tak Cuma Petugas Medis, Penggali Makam Juga Mulai Kewalahan dengan Corona

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul, H-3 Lebaran, 8.013 Kendaraan Hendak Mudik Diputar Balik di Gerbang Tol Cikarang Barat.

Editor: taufik ismail
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved